KETAHUI PENYEBAB BIBIR GELAP DAN CARA MENGHILANGKANNYA

54

Seperti halnya warna kulit, warna bibir dapat bervariasi dari orang ke orang. Dalam beberapa kasus, perubahan warna atau kondisi bibir bisa mengindikasikan bahwa bibir perlu perawatan lebih karena berpengaruh terhadap kepercayaan dan penampilan diri seseorang. Merokok, stres, pengobatan, dan masalah medis semua dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap.

Penyebab Bibir Gelap

Ada variasi alami warna bibir setiap orang. Pigmen yang disebut melanin memberi warna pada kulit. Kurangnya melanin menciptakan warna kulit yang lebih terang, sedangkan lebih banyak melanin berarti warna kulit yang lebih gelap. Jika kulit mulai memproduksi lebih banyak melanin daripada biasanya, hal ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi menyebabkan bercak kulit yang lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Contoh umum hiperpigmentasi adalah bintik-bintik usia. Kondisi ini terkait dengan paparan sinar matahari, dan dapat mempengaruhi hampir semua area tubuh, termasuk bibir. Penyebab hiperpigmentasi meliputi:

  • Paparan sinar matahari

Mengekspos kulit terhadap sinar matahari memicu tubuh untuk membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Melanin melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan juga menyebabkan kulit menjadi kecokelatan. Penting untuk memakai pelindung matahari di bibir, serta di tempat lain di tubuh. Balsem bibir dengan faktor perlindungan matahari SPF 30 atau lebih tinggi dapat melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Merokok tembakau

Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Hal ini dapat menyebabkan bibir menjadi gelap secara bertahap seiring waktu. Merokok juga memiliki banyak dampak negatif lainnya pada kesehatan.

  • Kehamilan

Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan kulit selama kehamilan, yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Area tubuh termasuk bibir, puting susu, dahi, pipi, dan hidung dapat mengembangkan bercak kulit yang lebih gelap. Namun, area ini kembali ke warna biasanya setelah kehamilan.

  • Obat-obatan tertentu.

Beberapa obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi, termasuk obat antimalaria dan antibiotik oral.

  • Masalah kesehatan

Beberapa masalah medis dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Salah satu yang paling  terkenal adalah penyakit Addison. Penyakit ini berhubungan masalah dengan sistem kekebalan yang menghentikan kelenjar adrenalin dari membuat hormon esensial yang cukup. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak kulit yang gelap, bibir yang gelap, atau gusi yang gelap. Gejala lain termasuk kurangnya energi, kelemahan, dan suasana hati yang rendah.

Cara menghilangkan Bibir Gelap dan Pencegahannya

Ada beberapa cara menghilangkan bibir hitam sekaligus cara mencegahnya:

  • Kurangi minuman berkafein

Perubahan warna bibir menjadi lebih gelap bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena sering mengonsumsi minuman panas mengandung kafein, seperti kopi atau teh. Mengurangi frekuensi konsumsi minuman tersebut bisa menghilangkan warna gelap atau hitam di bibir.

  • Berhenti merokok

Tak hanya menyebabkan munculnya garis-garis kerut pada area sekitar bibir saja, merokok bisa menyebabkan warna bibir menjadi hitam. Hal ini dikarenakan panas dari rokok berpotensi untuk membakar kulit pada bibir. Saat ini terjadi, maka bibir akan terluka dan menimbulkan pigmentasi kulit. Inilah yang menyebabkan perokok memiliki warna bibir yang hitam.

  • Lindungi bibir dari sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata juga berpotensi membuat warna bibir lebih gelap dari seharusnya, karena sinar matahari mampu membakar dan membuat bibir kering, sehingga menjadikannya terlihat lebih gelap. Untuk mengurangi hal tersebut, tidak ada salahnya mulai sekarang rajin mengoleskan tabir surya di bibir. Tabir surya bisa didapatkan dari penggunaan lip balm yang memiliki SPF 30 atau lebih dari itu.

  • Memeriksa kandungan lipstik yang dipakai

Anda disarankan untuk menghindari penggunaan lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara, sebab kandungan tersebut bisa saja menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada bibir yang bisa menyebabkan bibir menjadi hitam..

  • Menghilangkan sel kulit mati pada bibir

Untuk menghilangkan warna hitam atau gelap di bibir, Anda bisa melakukan scrubbing dengan aman menggunakan gula yang dicampurkan dengan madu. Lalu, oleskan ke bibir secara merata dan gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Cara tersebut dapat merangsang produksi kolagen baru pada bibir sekaligus memperlambat proses penuaan pada bibir, sehingga bibir terlihat lebih cerah.

Jika Anda memiliki kebiasaan yang dapat menjadi penyebab bibir hitam, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut, agar bibir dapat kembali ke warna asal. Bila perlu, konsultasikan cara menghilangkan bibir hitam yang efektif pada dokter. (RA/PAY)

Referensi:

  1. Body changes and discomforts. (2019).
    womenshealth.gov/pregnancy/youre-pregnant-now-what/body-changes-and-discomforts. Diakses 16 November 2019
  2. Fiscus, V., et al. (2014). Minocycline-induced hyperpigmentation.
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4120055/. Diakses 16 November 2019
  3. Multani, S. (2013). Interrelationship of smoking, lip and gingival melanin pigmentation, and periodontal status.
    ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905564/
  4. Medical News Today.(2019).  Causes and home remedies for dark lips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104.php#home-remedies. Diakses 16 November 2019