Ketombe Tidak Akan Hilang Bila Anda Asal Dalam Memilih Sampo, Carilah Sampo Tepat Yang Mengandung…

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

238

Rambut berketombe adalah salah satu masalah yang terasa sangat menyebalkan. Selain kulit kepala terasa gatal yang membuat Anda terganggu karena harus menggaruk terus kepala Anda. Selain itu rasanya yang memalukan saat melihat ada banyak serpihan putih di baju Anda, terutama baju berwarna gelap.

Ketombe muncul karena kulit terlalu kering dan terkelupas dengan kulit kepala yang merah meradang.

Salah satu cara untuk mengatasi rambut berketombe adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe terutama bila rambut berketombe yang Anda alami cukup parah. Saat Anda memilih sampo harus yang mengandung bahan-bahan tertentu untuk membunuh jamur yang ikut bertanggung jawab membuat rambut berketombe.

Berikut bahan yang harus ada dalam sampo Anda:

  • Zinc pyrithione

Bahan ini membantu untuk membunuh jamur Malassezia yang sebagian bertanggung jawab menyebabkan rambut berketombe.

  • Asam salisilat

Bahan ini membantu untuk melembutkan sel kulit mati pada kulit kepala Anda, sehingga membantu merontokkan sel kulit mati dari kulit kepala. Biasanya seteah menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat maka akan menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering. Oleh karena itu setelahnya Anda bisa menggunakan kondisioner untuk menjaga kulit kepala dan rambut Anda tetap lembap.

  • Selenium sulfida

Bahan ini untuk membantu memperlambat produksi sel-sel kulit mati pada kulit kepala Anda dan membunuh jamur penyebab ketombe. Namun, sampo ini dapat menghitamkam warna rambut sehingga tidak cocok digunakan untuk orang yang sering mengecat rambut.

  • Sampo ketokonazol

Sampo ini memiliki efek antijamur yang kuat yang dapat mengobati dan mencegah ketombe.

  • Sampo batubara tar
  • Sampo ini dapat membantu untuk memperlambat produksi sel kulit mati dan mencegah ketombe.

Kiat dalam memilih dan menggunakan sampo:

Baca label

Seperti dikatakan diatas Anda harus bisa memilih sampo yang mengandung bahan-bahan untuk mengatasi ketombe. Oleh karena itu Anda harus rajin membaca label kemasan sampo.

Cara penggunaan

  • Sampo tepat, namun bila cara penggunaan salah maka hasilnya juga tidak maksimal. Oleh karena itu ikuti cara pengunaan yang tepat seperti dibawah ini:
  • Keramas dengan menggunakan sampo sekali sehari sampai masalah rambut berketombe teratasi. Dan pengecualian untuk sampo ketokonazol yang hanya boleh digunakan dua kali dalam seminggu.
  • Oleskan sampo sambil memijat kulit kepala Anda dan mendiamkannya setidaknya lima menit sehingga kandungan bahan dalam sampo memiliki waktu untuk bekerja. Apabila Anda  melihat salah satu jenis sampo telah kehilangan efektivitasnya, cobalah mengganti sampo yang Anda gunakan.
  • Apabila sampo yang Anda gunakan sudah memperlihatkan hasil, maka Anda bisa mengurangi penggunaan sampo hanya 2-3 kali dalam seminggu.

Jika sampo yang Anda gunakan tidak memperlihatkan hasil yang baik setelah beberapa minggu dan masalah ketombe Anda masih parah, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep cara mengatasi ketombe.


Konsultasikan Sehatmu, Install Aplikasi Pakdok di Google Play Android Click Pakdok