Keuntungan dan Kerugian Tindakan Vasektomi

126

Setiap tindakan pembedahan memiliki resiko terjadinya komplikasi. Walaupun demikian, resiko terjadinya komplikasi setelah tindakan vasektomi sangat rendah. Komplikasi yang dapat terjadi adalah:

Perdarahan di bawah kulit, yang dapat menyebabkan pembengkakan atau memar
Infeksi pada daerah bekas operasi. Pada beberapa kasus yang jarang, dapat terjadi infeksi di dalam kantung zakar
Sperma merembes keluar dari vas deferens dan masuk ke jaringan di sekitarnya sehingga terbentuk suatu benjolan kecil (granuloma sperma). Pengobatan yang dapat dilakukan adalah istirahat, pemberian obat anti nyeri, dan tindakan pembedahan untuk mengangkat granuloma
Peradangan pada saluran yang membawa sperma dari testis (epididimitis)
Pada kasus yang sangat jarang, vas deferens tumbuh dan menyatu kembali

Keuntungan Tindakan Vasektomi

1. Kontrasepsi Permanen

Vasektomi merupakan salah satu metode kontrasepsi permanen. Setelah hasil pemeriksaan air mani anda menunjukkan tidak ada lagi sperma, maka tidak diperlukan penggunaan alat kontrasepsi lainnya.

2. Resiko Komplikasi Rendah

Vasektomi merupakan suatu tindakan yang lebih aman dan murah dan memiliki resiko komplikasi yang lebih rendah daripada tindakan ligasi tuba yang merupakan kontrasepsi permanen pada wanita.

Kerugian Tindakan Vasektomi

Tindakan vasektomi tidak dapat melindungi anda dari penyakit menular seksual, yaitu suatu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, misalnya HIV. Kondom merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit menular seksual.

Selain itu, beberapa penelitian terdahulu menunjukkan adanya resiko kanker prostat pada pria yang melakukan tindakan vasektomi, walaupun belum ada bukti yang jelas mengenai hubungan antara tindakan vasektomi dan kanker prostat.