Keutamaan Konsumsi Air Putih

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

180

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Karenanya, unsur alam ini sangat diperlukan tubuh baik untuk sistem pencernaan, penyerapan sirkulasi, distribusi nutrisi hingga mengatur suhu tubuh serta produksi air liur. Air juga berperan penting untuk memperlancar metabolisme tubuh. Dalam proses ini, air berfungsi untuk mendorong reaksi kimia metabolisme hingga proses perubahan makanan menjadi energi lebih lancar.

Air pun berperan besar untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Konsumsi air yang cukup dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, membantu kulit tetap kenyal, segar dan tampak lebih muda.

Bagi mayoritas orang, jumlah konsumsi air per hari yang direkomendasikan sekitar 6 hingga 8 gelas per hari atau setara dengan 2-2,5 liter. Namun jumlah yang diperlukan bisa lebih banyak jika terjadi perubahan kondisi tubuh, misalnya sedang sakit, setelah berolahraga, atau jika sehari-hari Anda berada di daerah panas atau dingin.  Cairan ini dapat diperoleh dari air yang diminum serta dari makanan sehari-hari seperti buah dan sayur.

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah asupan air yang Anda minum telah mencukupi dan sesuai untuk kebutuhan tubuh yaitu dengan memeriksa warna urin. Jika urin terlihat bening sampai berwarna kuning muda, itu tanda bahwa kebutuhan air dalam tubuh telah tercukupi. Sedangkan bila urin berwarna kuning pekat dan jumlahnya lebih sedikit dari biasa, tandanya tubuh sudah kekurangan air.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, minumlah tanpa harus menunggu haus. Pilihlah air putih untuk minum. Mengonsumsi minuman bersoda, teh, kopi, susu dan minuman manis lainnya tidak bisa disamakan dengan pemenuhan kebutuhan minimal air per hari. Sifat cairan tersebut adalah diuretikal (penguras air tubuh). Setelah meminumnya, bisa jadi Anda malah harus minum lebih banyak air lagi sebagai kompensansi dari banyaknya cairan yang terbuang akibat zat diuretik tersebut. Selain itu, kandungan gula pada minuman manis juga berdampak buruk pada kesehatan.

Karenanya, jika Anda sudah mulai “gatal” untuk ngemil tapi tak ingin program diet berantakan, cobalah minum air putih yang cukup. Perut pun akan terisi penuh hingga Anda hasrat ngemil Anda dapat teredam.. Minum segelas air putih hangat sejam sebelum makan juga efektif untuk mengurangi selera makan dalam jumlah banyak. Ini terjadi karena air hangat dapat meningkatkan proses metabolisme hingga Anda merasa kenyang. Meskipun begitu ini tak berarti air membantu Anda untuk langsing. Apa yang Anda lakukan tadi tak akan berpengaruh besar jika tak disertai pola makan seimbang dan olahraga secara teratur.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air putih Anda setiap hari, cobalah buat jadwal “harus” minum, misalnya:

1-2 gelas Saat bangun tidur di pagi hari.
1 gelas Saat sarapan pagi.
1-2 gelas Sebelum dan sesudah makan siang.
1-2 gelas Sebelum dan sesudah makan malam.
1 gelas Sebelum tidur malam.

(EDA)

Sumber:

  1. Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih. Available at : https://alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-minum-air-putih
  2. Wati NS. 7 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih. Available at : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store