Kiat Mengatasi Remaja Labil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

353

Anda seorang orang tua yang punya anak remaja? Pasti Anda sering bermasalah dengan perangai anak Anda yang terkadang emosinya labil dan sulit diatur hingga sering menimbulkan pertengkaran. Seiring dengan perkembangan kejiwaan yang dialami remaja, mereka seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang berhubungan dengan faktor perkembangan .

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa dimana sekarang ini remaja banyak menghadapi berbagai tuntutan dari segala resiko perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Apalagi di masa globalisasi sekarang, teknologi masih mendominasi segala aspek kehidupan.

Setiap orang punya cara berbeda dalam menangani emosi. Beberapa diantaranya akan kehilangan rasa percaya diri akan kemampuannya sedang beberapa lainnya menjadi lebih tangguh dan bahkan agresif. Demikian pula dengan remaja yang masih memiliki gejolak emosi yang belum stabil. Saat menghadapi kemarahan, remaja akan cenderung mengambil keputusan yang buruk dan mereka sendiri menanggung risiko dari keputusan buruk itu.

Saat marah, remaja akan lebih memilih tindakan negatif terhadap objek kemarahan mereka atau kepada orang lain. Namun orang tua bisa mengambil kendali atas kemarahan yang tidak tepat ini dengan cara mengajarkan kepada anak-anak remajanya bahwa kemarahan yang disertai dengan tindakan buruk adalah keliru. Sebagai orang tua apa yang harus dilakukan untuk membantu anak remaja dengan emosi labil tersebut?

  1. Bantulah remaja Anda untuk mengenali tanda peringatan saat kemarahan muncul

Ketika anak remaja Anda memahami tentang kemarahan yang membangun, mereka akan mampu mengendalikan rasa frustrasi yang mucul saat marah tanpa harus dikuasai oleh kemarahan yang meledak-ledak dan membahayakan. Selain itu, orang tua sangat penting hadir untuk terus memperhatikan perkembangan emosi anak remajanya secara berkala. Anda bisa berbagi dan menguji mereka untuk mengelola kemarahan dengan cara yang tepat.

  1. Mendorong anak remaja untuk mencegah situasi yang membuatnya marah

Situasi dan perilaku orang lain di sekitar memang bisa menjadi sumber pemicu timbunya masalah dan kemarahan. Beberapa diantaranya bisa menjadi sangat marah akibat pengaruh minuman keras, obat-obatan, dan kurang tidur. Mungkin juga karena sering diperlakukan dengan tidak baik oleh teman-teman. Semua sumber kemarahan itu bisa dicegah jika anak remaja mampu membatasi diri dan menghindar dari pengaruh tersebut.

  1. Membiarkan anak remaja belajar menguasai emosi dan menanggung risiko dari emosi tersebut.

Apabila Anda merasa kemarahan anak remaja Anda mulai tak terkontrol lagi, segeralah berkonsultasi dengan pakar anak dan keluarga untuk mendapat bantuan yang bisa dilakukan untuk memotivasi anak lepas dari emosi yang labil. (IM)

Sumber:

  1. Masih Labil? Begini Cara Ajarkan Anak Remaja Kelola Kemarahan. https://jawaban.com/read/article/id/2015/08/06/93/150806114126/Masih-Labil–Begini-Cara-Ajarkan-Anak-Remaja-Kelola-Kemarahan/
  2. 10 Gangguan Psikologi Remaja – Cara Mengatasi. https://dosenpsikologi.com/gangguan-psikologis-remaja/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store