Kista Ginjal, Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

238

Kista ginjal merupakan sebuah kantong bulat berisi cairan yang terbentuk pada atau di dalam ginjal. Kista ginjal mungkin berhubungan dengan gangguan kesehatan serius yang dapat mengganggu fungsi ginjal Anda.

Akan tetapi, sebagian besar kista ginjal biasanya merupakan kista ginjal sederhana (simple kidney cysts), kista non kanker yang jarang sekali menyebabkan komplikasi apapun.

Pada kista ginjal sederhana, dapat ditemukan 1 buah kista pada permukaan ginjal atau banyak  kista pada salah satu atau kedua buah ginjal.

Kista ginjal seringkali ditemukan secara tidak sengaja saat seseorang melakukan pemeriksaan radiologi untuk memeriksa gangguan kesehatan lain. Kista ginjal yang tidak menimbulkan gejala apapun biasanya tidak membutuhkanpengobatan.

Penyebab

Hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui secara pasti apa sebenarnya penyebab dari kista ginjal sederhana. Salah satu teorinya adalah kista ginjal terbentuk karena lapisan pembungkus ginjal melemah sehingga membentuk suatu kantong yang akan terisi cairan, terlepas, dan akhirnya berkembang menjadi kista.

Faktor Resiko

Resiko terbentuknya kista ginjal akan meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia Anda, walaupun kista ginjal sebenarnya dapat terbentuk pada orang berusia berapa pun. Kista ginjal sederhana lebih sering ditemukan pada pria.

Gejala

Kista ginjal sederhana biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, bila kista ini cukup besar, maka penderita mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Nyeri tumpul pada pinggang atau perut bagian samping
  • Demam
  • Nyeri perut atas

Cara Menentukan Diagnosa

Diagnosa kista ginjal biasanya ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan radiologi dan laboratorium. Pemeriksaan radiologi yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan CT scan dan MRI perut untuk menentukan apakah benjolan pada ginjal merupakan tumor atau kista. Sementara itu, pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk mengetahui apakah kista telah mengganggu fungsi ginjal.

 

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Kista Ginjal Sederhana yang Tidak Menimbulkan Gejala

Jika Anda menderita kista ginjal sederhana yang tidak menimbulkan gejala apapun dan tidak mengganggu fungsi ginjal Anda, maka Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Dokter Anda biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara teratur untuk memantau perkembangan kista. Jika terjadi perubahan pada kista Anda dan kista mulai menimbulkan gejala, maka Anda dapat mulai melakukan pengobatan saat itu juga. Kadangkala, kista ginjal sederhana dapat menghilang dengan sendirinya.

Kista Ginjal Sederhana yang  Menimbulkan Gejala

Jika kista ginjal Anda menimbulkan gejala, maka dokter Anda biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan. Beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Mengeluarkan isi kista dan menggantinya dengan alkohol untuk mencegah kekambuhan
  • Tindakan pembedahan untuk mengangkat kista. Tindakan pembedahan biasanya dilakukan untuk mengatasi kista yang besar atau menimbulkan gejala

Tergantung pada jenis pengobatan yang dilakukan, Anda mungkin harus dirawat sebentar di rumah sakit.

 

Komplikasi

Kadang-kadang kista ginjal dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti:

  • Infeksi yang dapat menimbulkan demam dan nyeri
  • Kista pecah yang dapat menimbulkan nyeri hebat pada pinggang atau perut bagian samping
  • Gangguan buang air kecil di mana air kemih sulit dikeluarkan dan membuat ginjal membengkak

 

Kapan Hubungi Dokter?

Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila kista ginjal Anda telah menimbulkan gejala.

 


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store