Komedo Di Hidung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

212

Wajah berkomedo pasti akan membuat orang yang memilikinya sering merasa minder, karena wajah tidak lagi terlihat bersih dan mulus. Tapi tak perlu khawatir, terdapat beberapa cara untuk menghilangkannya dengan aman dan tepat. Apa saja itu? Cek penjelasan artikel di bawah ini ya.

Apa sih komedo itu?

Komedo adalah lesi gelap dan kecil yang muncul di kulit, sering di wajah dan leher. Komedo terjadi ketika pori-pori di kulit tersumbat dengan sel-sel kulit mati dan zat pelindung berminyak yang dikenal sebagai sebum. Berbeda dengan lesi jerawat lainnya yang tertutup, pada komedo, kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat terbuka, udara masuk menyebabkan terkumpulnya minyak sebum atau sel-sel kulit mati untuk mengoksidasi dan menjadi hitam atau kadang-kadang kekuningan. Komedo paling sering muncul di wajah, punggung, leher, dada, lengan, dan bahu.

Penyebab munculnya komedo di wajah

Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya komedo yaitu:

  1. Perubahan usia dan hormon
  2. Produksi berlebihan dari sel-sel kulit oleh tubuh dapat menyebabkan komedo.

Faktor-faktor penyebab lainnya yaitu:

  1. Memblokir atau menutupi pori-pori dengan kosmetik dan pakaian
  2. Berkeringat berat
  3. Mencukur atau hal lain yang membuka folikel rambut
  4. Kelembaban tinggi
  5. Beberapa kondisi kesehatan, seperti stres, sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan sindrom pramenstruasi (PMS)
  6. Mengkonsumsi makanan berlemak
  7. Obat-obatan yang mendorong pergantian sel kulit yang cepat
  8. Penggunaan beberapa obat berbasis steroid, seperti kortikosteroid

Cara menghilangkan komedo

Hal yang tidak boleh dilakukan pada komedo:

  1. Hindari memencet komedo, bahkan dengan penghapus blackhead logam, karena ini dapat mengiritasi kulit dan memperburuk masalah.
  2. Hindari untuk mandi uap terlalu lama. Karena terbukanya pori-pori untuk beberapa orang malah membuat masalah menjadi lebih buruk.
  3. Hindari untuk scrubbing, karena dapat memperburuk komedo. Ini dikarenakan, scrubbing menghilangkan sebum kemudian kelenjar sebasea bekerja lebih keras untuk menggantikan sebum, yang akhirnya menyebabkan lebih banyak penyumbatan dan risiko peradangan jerawat.
  4. Jika menggunakan strip atau vacuum untuk menghilangkan komedo, maka harus dilakukan secara hati-hati.
  5. Hindari make up berbasis minyak dan produk perawatan kulit

Berikut beberapa cara yang dapat dipilih untuk menghilangkan komedo

  1. Menggunakan ekstraktor komedo.

Sebelum menggunakan ekstraktor komedo, tentunya kamu harus mencuci wajah, kemudian menguapkan wajah pada uap panas. Uap ini akan membuka pori-pori sehingga komedo dapat diangkat dengan lebih mudah. Ekstraktor komedo dapat diperoleh di toko-toko alat kecantikan pada umumnya. Pastikan untuk membersihkan dan mensterilkannya secara teratur serta tidak menggunakan ekstraktor ini secara bergantian.

  1. Strip pori

Strip pori atau pore pack adalah strip yang ditempelkan pada hidung selama beberapa saat untuk kemudian dikelupas. Komedo yang tertempel akan terangkat bersamaan dengan strip.

  1. Gerakan memutar selama 2 -3 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara alami ini tentu belum pasti akan berhasil, namun cara diatas merupakan cara yang paling aman dibandingkan menggunakan alat.

  1. Memeriksakan kulit ke dermatologis

Cara menghilangkan komedo di hidung pada dermatologis umumnya sesuai dengan jenis komedo dan kondisi kulit. Mungkin akan ada beberapa terapi yang diberikan dokter, contohnya terapi laser dan dermabrasi, tetapi teknik ini dapat menyebabkan bekas jaringan parut. Selain itu, dermatologis dapat menghilangkan komedo berukuran satu milimeter atau lebih (macrocomedones) dengan proses operasi atau kauterisasi.

Setelah kulit hidung bersih, bukan berarti akan terbebas dari komedo selamanya. Ingatlah bahwa ada kondisi-kondisi alami tubuh yang memungkinkan komedo kembali. Jangan cemas, perhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, seperti penjelasan sebelumnya. (LM)

Referensi

  1. Cruel, J. (2018). Do These 5 Things to Get Rid of Blackheads. Retrieved from https://www.self.com/story/how-to-get-rid-of-blackheads
  2. Cynthia Cobb, A. (2018). Blackheads: Facts, causes, and treatment. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615.php

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store