Konsumsi Makanan Ini Untuk Meningkatkan Kesuburan Anda!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

309

Sudah beberapa bulan menikah tapi kok belum juga hamil? Pertanyaan seperti ini seringkali terdengar, terutama dari pasangan yang menginginkan kehadiran seorang buah hati. Perlu diketahui kehamilan dapat terjadi karena didukung oleh organ reproduksi pria dan wanita yang sehat. Kesuburan organ reproduksi adalah hal yang harus diperhatikkan bagi pasangan yang ingin mendapatkan anak.

Mari simak beberapa makanan yang dapat mempengaruhi kesuburan Pria dan Wanita:

Wanita

  1. Susu sapi dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt

Makanan dan minuman ini mengandung kalsium tinggi sehingga baik untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Selain itu makanan ini juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, karena bayi membutuhkan kasium untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila asupannya kurang cadangan kalsium pada tubuh ibu akan terpakai. Hal ini yang nantinya dapat meningkatkan resiko osteoporosis pada ibu.

  1. Daging

Protein dan zat besi dari daging baik untuk merangsang pematangan dari sel telur, sehingga siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

  1. Kacang-kacangan

Kandungan karbohidrat kompleks yang ada dalam kacang-kacangan dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan anda. Beda halnya jika anda mengkonsumsi makanan dari karbohidrat olahan seperti roti tawar putih atau nasi, makanan ini jika dikonsumsi berlebihan nantinya malah akan meningkatkan kadar gula darah

  1. Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan yang berwarna cerah seperti strawberry, anggur merah, atau buah naga dapat meningkatkan kesuburan dari sel telur wanita karena mengandung antioksidan tinggi.

Pria

  1. Kerang atau tiram

Kerang mengandung zat gizi bernama seng yang mampu meningkatkan produksi sel sperma pada pria.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak esensial yang mampu meningkatkan sirkulasi darah pada pembuluh darah di area testis pria. Seperti yang diketahui testis berfungsi untuk memproduksi sel sperma, apabila aliran darah diarea ini lancar, nutrisi tercukupi maka testis dapat menjalankan fungsinya secara optimal

  1. Bayam, brokoli, dan mangga

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam makanan-makanan ini baik dalam membantu produksi sperma dan menangkal radikal bebas yang masuk ketubuh akibat pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, alkohol dll.

  1. Asparagus dan Jambu Biji Merah

Asam folat yang terkandung dalam asparagus dan jambu biji merah juga dapat meningkatkan produksi sperma sehingga kesempatan untuk terjadinya pembuahan juga meningkat.

  1. Sereal atau gandum

Asupan tambahan berupa multivitamin dapat dikonsumsi untuk mencukupi nutrisi tubuh yang kurang. Konsultasikan dengan dokter yang berkompeten multivitamin yang tepat untuk anda konsumsi. Disamping mengkonsumsi makanan yang membantu menyuburkan, penting juga untuk menghindari makanan yang tinggi lemak, makanan mentah, ataupun jenis makanan-makanan instan. Intinya semua dimulai dengan membiasakan pola hidup sehat. (RH/CM) 

Daftar Pustaka :

  1. Paath, Francin E, Rumdasih Y, Heryati. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Buku Kedokteran ECG. 2004
  2. Chavarro JE, et al. Diet and lifestyle in the prevention of ovulatory disorder infertility. Obstet Gynecol. 2007;110(5):1050–1058

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store