Konsumsi Vitamin Terlalu Banyak Meningkatkan Penyakit Kanker Dan Jantung?

134

 

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang wajib. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan hidup lebih sehat.

Namun sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi terlalu banyak vitamin dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Dr Tim Byers dari University of Colorado Cancer Centre, mengatakan “Kami belum tahu pasti mengapa hal ini dapat terjadi”

Dalam penelitian ini mengatakan bahwa suplemen yang mengandung beta karoten dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru-paru dan jantung sekitar 20 persen.

Asam folat dikatakan dapat meningkatkan terjadinya polip pada pencernaan. Sebenarnya semua tergantung jumlah multivitamin yang Anda konsumsi. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai untuk kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan maka multivitamin sangat baik untuk tubuh Anda. Namun tidak ada pengganti makanan sebaik makanan yang alami.

Penemuan ini dipresentasikan pada Penelitian Pertemuan Tahunan American Association for Cancer 2015.

Namun, kritikus mengatakan bahwa banyak orang yang kekurangan vitamin, dan suplemen dapat membantu mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Seorang juru bicara untuk Dewan Responsible Nutrition, asosiasi perdagangan untuk suplemen makanan dan industri makanan fungsional di AS, mengatakan: “Kanker adalah penyakit multifaktorial dan belum ada pembuktian hal yang dapat mencegah terjadinya kanker”
“Namun, nutrisi yang baik sangat dianjurkan oleh banyak ahli sebagai salah satu cara untuk membuat Anda tetap sehat.

“Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang tidak mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari makanan saja, dan dalam kasus-kasus, suplemen makanan dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi.

Oleh karena itu  “Kami tidak menyarankan dosis tinggi vitamin, kecuali di bawah arahan dokter Anda.”

 

Sumber: dailymail