Kuku Cantik Tanpa Meni Pedi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

278

Bagi wanita, kuku merupakan salah satu dari bagian tubuh yang harus mendapatkan perawatan. Kuku seringkali mencerminkan kepribadian wanita tersebut. Kuku yang kotor dan tidak sehat menjadi tanda bahwa wanita tersebut malas untuk merawat diri.  Namun, selain alasan estetika, kuku yang tidak dirawat dengan baik biasanya akan menimbulkan beberapa masalah. Contohnya, seperti warna kuku yang terlihat menguning agak kecoklatan akibat jamur, kulit kuku mengelupas, tekstur kuku menjadi kasar dan bergelombang, dan masih banyak lagi.

Merawat kuku tentunya tidak harus dilakukan dengan manicure pedicure yang mahal di salon, ada beberapa cara alami untuk merawat kuku agar tetap cantik dan tidak menguras kantong. Berikut adalah bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kuku agar tetap terlihat cantik:

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sudah diketahui sejak dahulu dapat membuat kuku menjadi mengkilap dan terlihat cantik. Buah ini bisa di manfaatkan untuk membersihkan permukaan kuku dan bagian sela-selanya secara maksimal. Selain itu belimbing wuluh juga bisa untuk menguatkan kuku sehingga tidak mudah patah atau mengelupas.

Cara perawatannya sangat mudah, cukup gosokan potongan belimbing wuluh pada kuku yang mau di bersihkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur saja. Bawang putih juga bermanfaat untuk perawatan kuku secara alami. Caranya yaitu pertama parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku, tunggu beberapa menit, setelah itu bilas dengan air dingin . Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Kuku Anda akan lebih kuat dan sehat dengan melakukan perawatan di atas.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat multifungsi. Selain bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan, kini lidah buaya banyak diolah untuk bahan makanan. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan adalah bisa digunakan untuk menyehatkan dan merawat kuku. Vitamin yang ada pada lidah buaya ini bisa digunakan unutk mengkilapkan kuku.

Caranya adalah cukup dengan menggunakan gel lidah buaya tersebut untuk menggosok permukaan kuku. Melakukannya secara rutin selama seminggu sudah akan memberikan hasil signifikan pada kuku.

  1. Lemon

Lemon ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang akan membuat kuku tangan atau kaki menjadi mengkilap. Caranya yaitu dengan mengiris lemon menjadi beberapa bagian, lalu menggosokkannya pada permukaan kuku selama beberapa menit (bisa dilakukan 5-10 menit). Setelah itu bersihkan kuku dengan air  hingga tidak terasa lengket akibat dari air lemon tadi. Selain itu, lemon juga bisa membersihkan kuku dari sisa cat kuku yang masih tersisa.

  1. Jeruk Nipis

Tidak hanya lemon saja yang bisa digunakan untuk merawat dan menyehatkan kuku, jeruk nipis pun bisa digunakan untuk merawat kuku. Harga jeruk nipis lebih murah meriah dibandingkan harga lemon, sehingga cocok bagi wanita yang ingin merawat kuku dengan biaya yang minim. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis tersebut dipercaya bisa mencerahkan kuku dan menghindarkannya dari kekusaman.

Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam setengah gelas air hangat, rendam kuku selama 10 menit, kemudian keringkan kuku menggunakan lap bersih. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari secara teratur. (RA/CM)

Sumber:

  1. http://disehat.com/5-cara-merawat-kuku-dengan-bahan-alami/
  2. http://kesehatan-kulit.info/tips-cara-merawat-kuku-dengan-bahan-alami/
  3. https://tipscantika.com/cara-merawat-kuku/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store