KULIT WAJAH RUSAK AKIBAT KEBIASAAN BURUK INI

17

Polusi, radikal bebas, dan paparan sinar ultraviolet (UV) sudah dikenal dapat merusak kulit kita. Namun, kerusakan kulit terutama bagian wajah, tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungkan saja. Ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa Anda sadari sering dilakukan, yang dapat merusak kulit wajah.

Kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit tidak selalu berkaitan dengan kebiasaan malas membersihkan atau merawat kulit wajah. Salah memilih produk perawatan atau keliru merawat kulit juga dapat mendatangkan masalah. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah, yaitu:

  • Tidur dengan make up masih menempel di wajah

Tidur tanpa membersihkan make up membuat kotoran dan sisa make up menumpuk di wajah. Akibatnya, pori-pori kulit menjadi tersumbat hingga timbul jerawat. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan make up yang menempel di kulit wajah Anda sebelum tidur.

  • Menggunakan kosmetik dengan banyak kandungan alkohol

Pilihlah kosmetik dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit kering atau sensitif, sebaiknya hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol, pewangi, retinoid, atau alpha hydroxy acid. Zat-zat tersebut akan membuat kulit jadi semakin kering dan iritasi. Sebaiknya gunakan produk dengan kandungan cetearyl alcohol. Alkohol jenis ini dapat melembapkan dan tidak mengiritasi kulit.

  • Menumpuk bakteri dalam kuas dan spons

Kuas dan spons untuk make up yang tidak dibersihkan secara rutin bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri, sehingga menyebabkan infeksi di kulit wajah Anda. Untuk menghindari infeksi, bersihkan kuas dan spons make up setiap minggu dengan air hangat dan sabun sebelum digunakan.

  • Menggunakan scrub wajah secara berlebihan

Menggunakan scrub wajah secara berlebihan, dapat berpotensi merusak kulit Anda. Terlalu sering membersihkan wajah dengan scrub, dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alami dan mengalami iritasi. Scrub wajah cukup dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu, serta hindari pemakaian scrub jika kulit wajah sedang kering atau iritasi.

  • Mandi terlalu lama

Hindari kebiasaan mandi berlama-lama, karena dapat merusak kulit. Cukup mandi selama 5-10 menit. Saat mandi atau membersihkan wajah, sebaiknya gunakan air hangat atau dingin. Kebiasaan mandi berlama-lama atau terlalu sering mandi air panas justru dapat merusak kulit wajah.

Selain itu, kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, stress yang berlebihan, suka mengonsumsi makanan manis dan kurang tidur juga dapat membuat kulit wajah Anda terlihat kusam dan menua. Karena itu, mulai sekarang jauhilah kebiasaan buruk diatas agar kesehatan kulit wajah Anda tetap terjaga. (RD)

Sumber:

  1. Suszynski M. 5 Common Culprits in Skin Damage. Everyday Health. 2017. 
  2. Morrill H. Habits That Wreck Your Skin. WebMD. 2018.