Kurma Buah Primadona Saat Bulan Puasa! Ini Alasan Yang Perlu Anda Tahu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

262

Saat bulan puasa ada banyak makanan yang dicari-cari banyak orang mulai dari kolak, sup buah gorengan. Semua makanan tersebut biasanya akan makin laku untuk dicari saat bulan puasa.satu makanan yang juga sering dicari orang yang sedang berpuasa adalah buah kurma.

Buah yang rasanya manis ini biasanya selalu ada di meja dan disajikan sebagai menu awal saat berbuka puasa.

Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk makan-makanan yang bergizi dan seimbang karena harus mengganti nutrisi yang terpakai sejak siang hari dan tubuh tidak mendapat asupan makanan lebih dari 14 jam.

Buah kurma menjadi primadona bukan hanya rasanya yang manis dan enak, tetapi karena memiliki kandungan gizi yang memang tepat bagi Anda yang berpuasa.

Berikut adalah manfaat dari buah kurma:

Kandungan gula yang tinggi

Selama 14 jam lebih tubuh tidak mendapat asupan makanan sehingga membutuhkan asupan gula untuk mengisi kembali energi tubuh. Kurma adalah buah yang manis dan ternyata memiliki kandungan yang gula yang cukup besar yaitu  antara 75–87%.

Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% lagi membentuk fruktosa. Saat Anda makan buah kurma maka glukosa dalam kurma akan berubah menjadi fruktosa, yang langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk mengisi kembali energi tubuh yang hilang.

Mengandung serat yang tinggi

Saat puasa, seringkali ada beberapa orang yang mengalami masalah pencernaan yaitu sembelit. Buah kurma adalah buah yang mengandung serat tinggi, dimana mengandung serat pangan larut air dalam bentuk pektin.

Bukan hanya itu kandungan serat dalam kurma dapat bertindak sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik pada saluran usus besar manusia sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan Anda.

Memenuhi kebutuhan energi

Energi tubuh Anda sudah terkuras karena aktivitas dan tidak diisi selama lebih dari 14 jam. Mengapa kurma sangat baik dimakan saat berbuka puasa? Jawabannya adalah karena kurma mengandung energi yang tinggi yaitu sekitar 12-15% untuk setiap 100 gram kurma.

Ada banyak bukan manfaat dari buah kurma, jadi tunggu apalagi segera siapkan kurma untuk menu berbuka Anda nanti. Selamat menjalankan ibadah puasa.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store