Kutu Menjijikan yang Dapat Berkembang Biak pada Tempat Tidurmu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

272

Menjaga kebersihan tempat tidur Anda ternyata juga merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan tempat tidur yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak suatu jenis serangga yang biasa dikenal dengan nama kutu bangsat (Sarcoptes scabiei).

Kutu bangsat ini merupakan penyebab dari skabies, suatu gangguan kulit yang disebabkan oleh infeksi kutu ke dalam tubuh manusia. Kutu ini biasanya dapat terlihat dengan mata telanjang (tanpa bantuan kaca pembesar atau mikroskop) karena ukurannya yang cukup besar.

Skabies dapat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit dengan kulit dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, skabies juga dapat menular saat seseorang menggunakan pakaian atau handuk yang telah digunakan penderita.

Beberapa gejala skabies yang dapat Anda temukan adalah:

  • Kulit terasa gatal, terutama di malam hari
  • Adanya bintik kemerahan pada kulit yang menyerupai jerawat atau bisul kecil. Bintik kemerahan ini biasanya terlihat pada sela jari tangan, pergelangan tangan, lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, ketiak, puting susu atau payudara, pusar, bokong, daerah kemaluan, dan perut bagian bawah
  • Ditemukannya tungau baik dalam bentuk telur, larva, atau tungau dewasa pada kasur atau pada kulit penderita

Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kebersihan tempat tidur Anda, terutama bila Anda menggunakan kasur berbahan kapuk. Jemurlah kasur Anda di bawah sinar matahari setidaknya 2 minggu sekali. Cucilah seprai dan selimut yang Anda gunakan secara berkala dan jangan gunakan handuk atau pakaian bersama dengan orang lain.