Lakukan Pertolongan Pertama Berikut Saat Mengalami Diare

150

Pengertian diare menurut WHO (1999) adalah bertambahnya defekasi (buang air besar) lebih dari biasanya/lebih dari tiga kali sehari, disertai dengan perubahan konsisten tinja (menjadi cair) dengan atau tanpa darah.

Menurut Depkes RI (2005), pengertian diare adalah suatu penyakit dengan tanda-tanda adanya perubahan bentuk dan konsistensi dari tinja, yang melembek sampai mencair dan bertambahnya frekuensi buang air besar biasanya tiga kali atau lebih dalam sehari.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan diare, misalnya karena keracunan makanan, mengkonsumsi makanan tertentu, salah minum obat, stres, minum alkohol, infeksi dan lain-lain.

Diare akut pada orang dewasa selalu terjadinya singkat dan tanpa komplikasi, dan kadang-kadang sembuh sendiri meskipun tanpa pengobatan.

 

Pertolongan pertama bila ada orang disekitar anda mengalami Diare, sebagai berikut:

1. Berikan banyak air minum (Oral Rehidration Solution/ORS/Oralit) untuk mengganti cairan dan zat kimia tubuh yang hilang. Hal ini bertujuan agar penderita tidak mengalami dehidrasi.

2. Dapat diberikan obat-obat simptomatik untuk menyetop/mengurangi frekwensi diare.

3. Penderita sebaiknya banyak beristirahat.

4. Hindari makanan padat atau makanan yang merangsang timbulnya diare tersebut.

5. Segera Bawa ke RS terdekat bila :

a. Diare berlangsung lama, misalnya 1 -2 hari, atau penderita lemas, demam, mual, muntah, tidak nafsu makan dan minum, dll

b. Kencing berkurang jumlah dan frekuensinya, karena ada kemungkinan penderita terkena dehidrasi.