Lalat Dan Penyakit-Penyakit Yang Dibawanya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

206

Lalat adalah “hama” yang sangat penting dalam dunia kesehatan dan merupakan salah satu vektor terpenting penyakit manusia di seluruh dunia. Vektor adalah makhluk hidup yang dapat menularkan penyakit menular antara manusia atau dari hewan ke manusia.

Penyakit yang disebabkan oleh lalat ini bisa berdampak serius. Beberapa jenis lalat terkenal menyebarkan penyakit-penyakit terntetu. Contoh lalat-lalat tersebut adalah lalat Tsetse di afrika yang menyebakan penyakit tidur atau trypanosomiasis afrika, lalat sandfly yang menyebabkan Leishmaniasis dan demam Sandfly atau demam phelebotomus, dan lalat hitam yang menyebabkan Onchocerciasis atau kebutaan sungai. Setidaknya ada lebih dari 70.000 kematian per tahun akibat penyakt-penyakit vektor teresebut.

Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui vektor utama, bersama-sama, menyebabkan 17% dari semua penyakit menular. Beban penyakit-penyakit ini paling tinggi di daerah tropis dan subtropis dan mereka secara tidak seimbang mempengaruhi populasi masyarakat miskin.

Distribusi penyakit yang ditularkan melalui vektor ditentukan oleh faktor demografi, lingkungan, dan sosial yang kompleks. Perjalanan dan perdagangan global, urbanisasi yang tidak terencana dan tantangan lingkungan seperti perubahan iklim dapat berdampak pada penularan penyakit, membuat musim penularan lebih lama atau lebih intens atau menyebabkan penyakit muncul di negara-negara di mana mereka sebelumnya tidak dikenal.

Perubahan praktik pertanian karena variasi suhu dan curah hujan dapat mempengaruhi penularan penyakit yang ditularkan melalui vektor. Pertumbuhan daerah kumuh perkotaan, kekurangan air pipa yang andal, atau pengelolaan limbah padat yang memadai, dapat membuat populasi besar di kota-kota kecil berisiko terkena penyakit akibat vektor-vektor tersebut. Bersama-sama, faktor-faktor tersebut mempengaruhi jangkauan populasi vektor dan pola penularan patogen penyebab penyakit.

Ada jenis lalat yang tidak kalah penting berbahaya juga. Yaitu jenis-jenis lalat yang sering kita temui tiap hari yaitu lalat rumah yang punya nama latin. Musca domestica. Lalat rumah adalah hama pengganggu penting dari hewan dan manusia, serta vektor lalat utama penyakit makanan dan hewan. Karena gerakan mereka yang tidak pandang bulu, kemampuan untuk terbang jarak jauh, dan ketertarikan terhadap barang-barang yang membusuk dan tempat-tempat di mana makanan disiapkan dan disimpan, lalat rumah sangat memperbesar risiko paparan manusia terhadap penyakit bawaan makanan. Lalat rumah dapat mengangkut kuman dari reservoir atau seumber kuman tersebut sepert kotoran hewan yang susah untuk ditularkan ke manusia ke tempat-tempat yang menimbulkan risiko yang besar untuk ditularkan seperti makanan yang tiap hari kita makan. Lalat adalah serangga penghisap darah dan hama penting dari hewan dan manusia domestik dan dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang besar dalam industri hewan, dan mereka juga dapat berperan dalam ekologi berbagai bakteri yang berasal dari kotoran hewan dan habitat perkembangan larva lainnya.

Untuk mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh lalat tersebut, kita perlu melakukan pncegahan. Pencegahan yang paling utama adalah melakukan dengan mengendalikan populasi lalat tersebut. Misal dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik untuk mencegah timbulnya lalat, meletakkan makanan di tempa tyang susah terjangkau lalat misal diberi penutup. Selain itu bisa digunakan alat dan bahan untuk membasmi lalat, misal sticky trap, racun lalat, dan lainnya. (RPG)

Sumber

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/vector-borne-diseases

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3747605/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store