LANGKAH SEDERHANA MEMULAI GAYA HIDUP SEHAT

20

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan seseorang. Meningkatnya kesehatan tubuh, mental dan emosional akan turut meningkatkan kualitas hidup seseorang dan juga bisa membawa pengaruh yang positif bagi orang-orang di sekitar.

Menerapkan gaya hidup sehat perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan seseorang. Menjalankan gaya hidup sehat bagi beberapa orang sering kali dianggap sesuatu yang cukup merepotkan. Berikut ini beberapa langkah sederhana memulai gaya hidup sehat yang dapat dilakukan:

  • Mengetahui status kesehatan tubuh dan mengunjungi fasilitas kesehatan jika diperlukan. Lakukanlah pemeriksaan tahunan yang mungkin belum pernah atau jarang sekali Anda lakukan dan periksa juga daftar vaksinasi yang wajib didapatkan. Ketahui Indeks Massa Tubuh (IMT) dan ukuran lingkar pinggang untuk mengecek apakah terdapat faktor risiko penyakit tertentu. Diskusi dengan dokter bisa dilakukan untuk mengetahui jenis aktivitas maupun pola makan yang dianjurkan sesuai kondisi tubuh masing-masing.
  • Bijak memilih makanan dan kurangi konsumsi gula. Agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya dengan maksimal, maka dibutuhkan asupan gizi yang seimbang. Cara memasaknya pun sebisa mungkin tidak merusak zat gizi dan serat sehingga masih memberi manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Makan sarapan sehat setiap hari yaitu dnegan bahan-bahan yang tinggi serat serta memiliki kandungan protein untuk membuat Anda kenyang dan berenergi. Jika Anda memulai hari dengan benar, Anda cenderung makan secara keseluruhan lebih baik. Jangan lupa juga untuk menyertakan sayuran hijau dalam makanan Anda. Salah satu sayuran hijau yang direkomendasikan adalah selada, yang hanya memiliki 20 kalori per sajian. Berusahalah untuk menghilangkan makanan ringan yang tinggi kalori tetapi rendah manfaatnya bagi kesehatan.
  • Banyak minum air putih. Setiap hari, cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali bernapas. Penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap hari untuk mencegah dehidrasi.
  • Perbaiki waktu tidur. Buatlah jadwal tidur yang tetap dan cukup sesuai dengan kebutuhan. Olahraga berat sebelum tidur juga tidak dianjurkan.
  • Kelola stres. Saat merasa stres, semua sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang berkepanjangan dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berusahalah sebisa mungkin untuk mengelola stres dengan sebaik mungkin.
  • Perbanyak aktivitas fisik. Saat aktif bergerak, tubuh akan membakar kalori dan juga juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. (PK/PAY)

Referensi:

  • WebMD. 8 Fall Tips for Healthy Living. 2019
  • Healthline. The Benefits of Healthy Habits. 2018
  • WebMD. Healthy Living: Steps to Take Stock of Your Health
  • Health Cleveland Clinic. 11 Simple Health Habits Worth Adopting Into Your Life. 2014