Langsing Dengan Berjalan Kaki

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

195

Memiliki perut buncit tentunya, sangat tidak menyenangkan. Banyak orang yang tidak percaya diri akan penampilannya dengan perut buncit. Namun, selain pertimbangan estetika, perut buncit juga dapat menimbulkan risiko yang serius bagi kesehatan. Perut buncit meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan beberapa penyakit lain yang berdampak pada kualitas hidup.

Nah, bagaimana cara untuk mengecilkan perut buncit ini? Apakah ada acara yang aman dan mudah? Terdapat banyak cara untuk mengecilkan perut mulai dengan mengatur pola makan yang baik, dan beraktivitas fisik seperti olahraga dan salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Pastinya, hal ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Untuk lebih jelas berikut penjelasannya.

Berjalan kaki dapat mengecilkan perut

Berjalan kaki merupakan aktivitas olahraga ringan. Aktivitas ini baik untuk meningkatkan denyut jantung, mengatur kecepatan pernapasan serta tidak memberikan tekanan yang berlebihan pada sendi kaki. Berjalan kaki juga dapat mengurangi lemak perut, beberapa sumber mengatakan bahwa jalan cepat selama 30 menit dalam lima hari dapat memberikan mafaat tersebut. Sedangkan menurut Nutri Strategy, jika Anda memiliki berat badan 70 kg, dengan berjalan selama 30 menit akan membakar 134 kalori dan Jika Anda memiliki berat badan sebesar 82 kg, Anda akan membakar 156 kalori.

Tips agar berjalan kaki lebih maksimal untuk mengecilkan perut buncit

  1. Langkah Kecil

Berjalan kaki dengan langkah kecil dan cepat adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan dan membakar kalori lebih banyak

  1. Menekan dan mengendurkan perut

Lakukan gerakan berjalan kaki sebagaimana biasanya. Saat mengayunkan kaki kanan ke depan tekan perut dan sebaliknya saat mengayunkan kaki kiri ke depan kendurkan perut.

  1. Gerakkan tangan

Lekukkan lengan tangan hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian gerakkan kedua tangan ke depan dan ke belakang. Pada ayunan ke depan, pergelangan tangan Anda harus berada di dekat pusat dada. Aktivitas ini akan meningkatkan kecepatan berjalan dan membakar lebih banyak kalori yaitu sekitar 5 hingga 10 persen lebih banyak kalori.

  1. Berdiri tegak

Saat berdiri tegak, otot punggung dan pantat juga akan bekerja lebih kuat sehingga bisa berjalan lebih cepat untuk membakar lebih banyak kalori. Aturan berdiri tegak yang tepat adalah posisi punggung lurus, telinga, bahu, dan pinggul sejajar.

  1. Melakukan gerakan seperti menyapu

Lakukan gerakan menyapu pada telapak kaki saat melangkahkan kaki, yaitu dengan mengangkat tumit dan ketika tubuh bertumpu pada ujung jari lalu berikan dorongan. Gerakan ini seperti menyingkirkan permen karet yang menempel pada sol sepatu. Gerakan seperti ini akan menggerakkan banyak otot kamu sehingga akan lebih banyak kalori yang dapat terbakar.

  1. Hindari tanjakan

Tanjakan memang baik untuk membakar kalori lebih banyak dengan memberikan tekanan pada tubuh kamu.

  1. Kontrol dan tingkatkan denyut jantung

Gunakan alat monitor denyut jantung untuk mengontrol denyut jantung sehingga dapat membakar lebih banyak kalori saat berjalan.

  1. Pilihlah sepatu yang membuat nyaman

Pilihlah dan gunakan sepatu olahraga yang didesain khusus untuk training. Sepatu yang tepat dan nyaman dipakai saat bergerak pastinya dapat membuat otomatis tenaga keluar lebih maksimal dan tidak mudah lelah.

Tips saat berjalan kaki

  1. Pilihlah sepatu yang tepat dan membuat nyaman
  2. Minum teh hijau setelah berjalan kaki
  3. Dengarkan lagu yang dapat memotivasi dan mendorong Anda untuk lebih semangat berjalan
  4. Pilihlah lagu yang membuat lebih bugar dan semangat
  5. Ketahuilah rute berjalan yang akan dilalui
  6. Ajak teman untuk berjalan
  7. Berjalan dengan cepat
  8. Berjalan dengan kecepatan yang bervariasi.
  9. Seimbangkan dengan minum air
  10. Jadikan aktivitas berjalan kaki sebagai kebiasaan yang menjadi aktivitas harian

Semoga Anda lebih bersemangat untuk berjalan kaki dan menjadikannya sebagai kebiasaan ya guys. Salam Olahraga. (LM/CM)

Referensi :

  1. What Causes Lower Belly Fat?. (2018). https://www.livestrong.com/article/384325-what-causes-lower-belly-fat/
  2. 30 Tips When You’re Walking for Weight Loss | Eat This Not That. (2018). https://www.eatthis.com/walking-for-weight-loss/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store