Lawan Anemia Dengan Makanan Ini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

690

Apakah anda sering merasa lemas dan letih? Bisa jadi anda mengalami kekurangan darah atau anemia. Anemia merupakan suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah dan hemoglobin yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah). Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat mengatasi penyakit ini sendiri di rumah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. Mau tahu makanan apa saja itu?

  1. Daging merah

Daging merupakan makanan yang kaya dengan zat besi, protein hewani, dan mineral. Zat besi dapat meningkatkan haemoglobin dalam tubuh, sedangkan protein berfungsi membantu menyusun sel – sel darah merah. Tapi, sebaiknya mengonsumsinya jangan berlebihan yah, karena di dalam daging merah terkandung lemak yang tinggi sehingga dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

  1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran berupa bayam, brokoli, kangkung, daun singkong, lobak dan lain sebagainya merupakan makanan yang sangat baik untuk menambah jumlah hemoglobin dalam darah. Pasalnya, sayuran kaya akan zat besi dan protein nabati sehingga dapat membantu proses pertumbuhan sel darah merah lebih cepat.

  1. Buah – Buahan

Selain daging dan sayuran berwarna hijau, buah juga dapat dijadikan makanan penambah darah. Buah strawberry contohnya. Strawberry kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, zat besi, serat tinggi dan rendah lemak, sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh. Selain strawberry, buah kurma, jeruk, apel, melon, semangka dan lain sebagainya juga baik untuk menambah darah dalam tubuh.

  1. Ikan

Ikan salmon merupakan makanan yang sangat baik untuk pembentukan sel-sel darah merah. Pasalnya ikan salmon mengandung omega 3 dan kaya akan vitamin B 12 yang berguna menambah darah.

  1. Kacang – kacangan

Selanjutnya anda dapat mengonsumsi makanan jenis kacang–kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang hijau dan almond. Karena pada kacang banyak mengadung zat besi yang dapat menaikan kadar haemoglobin dalam darah.

Nah, ternyata tidak sulit kan menemukan makanan yang dapat mencegah anemia? Selalu sediakan makanan yang sehat bagi seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://blog.manjadda.com/makanan-penambah-darah
  2. https://sijai.com/makanan-penambah-darah/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store