Lawan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

258

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu keadaan yang disebabkan karena masuknya bakteri pada saluran kemih. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherechia coli, Klebsiella pneumonia, dan Pseudomonas aeruginosa. Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, baik pada pria maupun wanita dari semua umur baik anak, remaja, dewasa, maupun usia lanjut.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya urin yang berwarna keruh atau bisa saja bercampur darah, keluarnya bau tidak enak dari urin tersebut, sering merasa ingin buang air kecil, demam hingga 38 derajat Celsius, dan terasa kram dibagian perut bagian bawah.

Selain obat – obatan yang diberikan oleh dokter, anda juga dapat melakukan pengobatan penyakit ini secara alami di rumah. Berikut caranya:

  1. Minum Air Putih

Minum air putih 8 gelas atau 2 liter sehari akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan dengan demikian ginjal dapat menjalankan proses filtrasi dan membuang racun melalui urine secara teratur. Ketika anda buang air kecil, bakteri yang berada dalam saluran kemihpun akan ikut terbuang bersama urin.

  1. Perbanyak Asupan Vitamin C

Vtamin C membuat urin menjadi asam sehingga mereduksi jumlah bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kencing. Asupan vitamin C tersebut dapat anda temukan dengan mengonsumsi buah dan sayuran seperti pepaya, jeruk, lemon, kiwi, dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang memilki kandungan antioksidan alami yang tinggi. Antioksidan sangat berperan melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan dan juga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti ISK, kanker, dan penyakit Alzheimer.

  1. Mengonsumsi wedang jahe

Tanaman ini selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai obat. Jahe mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai gingerol yang merupakan agen antibakteri yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal dan dapat menyembuhkan infeksi pada saluran kemih.

  1. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai kurkumin yang merupakan agen anti-bakteri, anti-peradangan dan anti-jamur yang dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan dan penyebaran semua jenis mikroba, serta mempercepat proses pemulihan pada pasien infeksi saluran kemih.

Jadi, ketika Anda atau kerabat terkena infeksi saluran kemih, jangan terburu-buru untuk mengonsumsi antibiotik., lakukan dahulu tips di atas sembari berkonsultasi dengan dokter Pakdok. Dokter Pakdok siap memberikan advis medis yang terpercaya setiap waktu. Salam sehat! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://mediskus.com/obat/cara-mengobati-infeksi-saluran-kemih-di-rumah-tanpa-obat
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/cara-alami-mengobati-infeksi-saluran-kencing/
  3. https://www.merdeka.com/sehat/6-cara-alami-mengobati-infeksi-saluran-kemih.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store