Liburan Di Pantai: Say No To “SUNBURN”!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

238

Pantai adalah salah satu tujuan wisata yang menyenangkan, tapi juga dapat membuat kulit kita kering, terasa terbakar dan hitam. Belum lagi sinar UV juga berbahaya bagi mata kita. Jadi, bagaimana berlibur di Pantai dan tetap aman? Let’s check what we could do!

  • Menggunakan Kaca Mata

Bawalah kaca mata karena selain sebagai aksesoris, kaca mata juga berfungsi untuk melindungi mata kamu dari sinar matahari, pantulan sinar matahari di pasir atau air laut. Banyak para peneliti yang menginformasikan bahwa radiasi sinar ultraviolet dapat menyebabkan penyakit katarak dan kemunduran fungsi mata seperti yang dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Kamu tidak perlu menggunakan kaca mata yang harganya mahal, yang terpenting terdapat anti UV pada lensanya.

  • Memakai Pelindung Kepala dan Kulit

Kulit wajah adalah kulit yang terbilang paling sensitif ketimbang bagian-bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu usahakan kamu untuk melindungi kulit wajah saat berlibur ke pantai. Selain dengan menerapkan pelembab di permukaan kulit, memakai topi atau kain pun dapat dilakukan untuk melindungi kulit area wajah kamu. Jika tidak mau kulit terbakar, usahakan jangan terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu lebih disarankan untuk duduk di bawah pohon atau di tempat-tempat yang terlindung dari terik matahari.

  • Memakai Pelembab Kulit/Sunblock

Tips liburan ke pantai yang paling utama adalah memakai pelembab sebelum kamu sampai ke pantai. pastikan kamu memakai pelembab yang tahan lama sebelum sampai di pantai. kamu bisa memakai pelembabnya dari rumah atau saat berada di dalam mobil. gunakan pelembab dengan tabir surya yang juga memiliki kandungan SPF tinggi.

  • Gunakan Pelembab 4 Jam Sekali

Biasanya karena terlalu takut kulitnya terbakar, ada orang yang terlalu sering memakai pelembab. Lalu apakah cara tersebut benar? Cara tersebut benar, karena secara umum pelembab untuk melindungi kulit supaya tidak terbakar ini memang harus diperbarui sekitar 4 jam sekali. Terutama jika kulit kamu terkena air pantai. Misalnya kamu sudah memakai pelembab, lalu pergi ke pantai dan bermain air sehingga merendam seluruh tubuh. Maka kamu perlu membersihkan kulit terlebih dahulu, setelah itu menerapkan pelembab lagi.

  • Mandi Setelah Berjemur

Setelah kamu puas bermain di pantai, segeralah mandi sampai bersih karena air laut memiliki kandungan garam tinggi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Memakai Aftersun Gel

Aftersun gel ini adalah gel yang berfungsi menjaga kelembaban kulit dan terbebas dari efek paparan sinar matahari langsung saat pergi ke pantai. Gel ini terbilang penting untuk kamu pakai, karena gel yang terbuat dari bahan dasar lidah buaya ini berkhasiat untuk tetap mendinginkan kulit dan menjaga kesejukan kulit. Setelah kamu mandi dan membersihkan air laut dari kulit-kulit tubuh, kemudian kamu bisa pakai aftersun gel untuk mengurangi “sensasi terbakar” pada kulit anda.

Selamat berlibur ke Pantai dan bersenang-senang ya! (RA/CM) 

Daftar Pustaka :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store