Lipoma

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

617

Lipoma adalah benjolan yang terbentuk dari tumpukan lemak yang terjadi secara bertahap di antara kulit dan lapisan otot. Meski begitu, benjolan ini tidak berbahaya karena merupakan tumor jinak dan tidak bersifat kanker. Benjolan ini biasanya timbul di area leher, punggung, bahu, lengan, paha, dan bagian tubuh lain seperti paru-paru, usus, dan payudara.

Lipoma tidak memerlukan perawatan serius karena biasanya tidak berbahaya dan tidak bersifat kanker. Namun, operasi pengangkatan lipoma bisa dilakukan jika lipoma yang diderita tumbuh besar, mulai menimbulkan rasa sakit, atau dirasa mengganggu. Rasa mengganggu dari lipoma misalnya bila lipoma terletak di tempat yang terlihat dan mengganggu kepercayaan diri. Sebagian pasien memiliki lebih dari satu lipoma.

Benjolan ini umumnya dapat terjadi pada laki-laki maupun wanita di semua usia. Meski begitu, penyakit ini lebih banyak terjadi pada wanita dengan usia paruh baya. Keadaannya mungkin berbeda pada setiap orang. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan diagnostik dan terapi yang tepat bagi Anda.

Lipoma adalah benjolan yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering terjadi di bawah kulit area ini:

  • Punggung atas
  • Bahu
  • Senjata
  • Ketiak
  • Bokong
  • Paha atas

Penyebab pasti lipoma belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma, yaitu:

  • Genetika atau keturunan. Seseorang yang memiliki lipoma bisa saja menurunkan gen lipoma pada anaknya kelak. Sehingga anaknya juga memiliki lipoma meski di tempat yang berbeda dan keluhan yang berbeda pula.
  • Umur. Walau lipoma bisa menimpa orang pada segala usia, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40-60 tahun, dan jarang menimpa anak-anak.
  • Menderita kondisi tertentu, misalnya menderita sindrom Cowden, sindrom Gardner, atau adiposis dolorosa.

Meski tidak berbahaya, lipoma yang tumbuh semakin besar dapat menimbulkan nyeri, hingga menghambat pergerakan dan mengganggu estetika. Untuk mengatasinya, dokter akan menyarankan agar benjolan ini diangkat melalui prosedur pembedahan. Caranya dengan menyayat kulit di atasnya dan mengeluarkan jaringan lemak dalam lipoma. Lipoma juga dapat diangkat dengan metode liposuction, meski metode ini lebih mudah kambuh karena tidak mengangkat jaringan tumor seluruhnya.

Silakan hubungi dokter Anda jika Anda merasakan nyeri di sekitar daerah tubuh yang terdapat benjolan. Jika Anda merasa ukuran benjolan bertambah besar (misalnya 2 kali lipat) dalam 12 bulan, Anda harus segera menghubungi dokter. Jika lipoma berkembang lambat dan malah bertambah ukurannya, itu bisa menjadi gejala suatu tanda masalah kesehatan yang serius. (EDA/STE)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store