LUTUT ANDA BENGKAK? TEMUKAN PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA!

43

Pernahkah Anda mengalami lutut bengkak? Sebenarnya mengapa lutut dapat menjadi bengkak? Simak artikel berikut!

Lutut bengkak bisa terjadi ketika cairan berlebih menumpuk di dalam atau di sekitar sendi lutut. Lutut yang bengkak bisa merupakan akibat dari trauma, cedera yang berlebihan, atau penyakit atau kondisi yang mendasarinya. Untuk menentukan penyebab pembengkakan, dokter perlu mendapatkan sampel cairan untuk menguji infeksi, penyakit, atau cedera. Setelah dokter menentukan penyebab mendasar dari lutut yang bengkak, perawatan yang tepat dapat dimulai.

Gejala

Tanda dan gejala biasanya meliputi:

  1. Kulit di sekitar tempurung lutut dapat terlihat menonjol, terutama ketika Anda membandingkan lutut yang terkena dengan yang normal.
  2. Saat sendi lutut mengandung cairan berlebih, maka lutut tidak bisa menekuk atau meluruskan kaki sepenuhnya.

Penyebab

Banyak jenis masalah, mulai dari cedera traumatis hingga penyakit dan kondisi lainnya, dapat menyebabkan lutut bengkak. Kerusakan pada bagian manapun dari lutut dapat menyebabkan kelebihan cairan sendi menumpuk. Cedera yang dapat menyebabkan penumpukan cairan di dalam dan di sekitar sendi lutut meliputi:

  1. Ligamentum robek, terutama ligamentum cruciate anterior (ACL)
  2. Tulang rawan (meniskus) sobek
  3. Iritasi karena terlalu sering digunakan
  4. Patah tulang

Penyakit dan kondisi yang mendasari yang dapat menghasilkan penumpukan cairan di dalam dan sekitar sendi lutut meliputi:

  1. Osteoartritis
  2. Radang sendi
  3. Infeksi
  4. Encok
  5. Pseudogout
  6. Radang kandung lendir
  7. Kista
  8. Tumor

Faktor risiko

  1. Kemungkinan Anda mengalami lutut bengkak terkait artritis meningkat seiring bertambahnya usia.
  2. Olah raga. Orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga yang melibatkan memutar lutut, seperti bola basket, lebih mungkin mengalami jenis cedera lutut yang menyebabkan pembengkakan.
  3. Kelebihan berat badan menambah tekanan pada sendi lutut, berkontribusi pada jaringan dan kelebihan beban sendi dan degenerasi lutut yang dapat menyebabkan lutut bengkak. Obesitas meningkatkan risiko osteoartritis, salah satu penyebab pembengkakan lutut yang lebih sering.

Pencegahan

  1. Perkuat otot-otot di sekitar lutut Anda. Otot-otot yang kuat di sekitar sendi dapat membantu meringankan tekanan pada sendi itu sendiri.
  2. Pilih latihan berdampak rendah. Kegiatan-kegiatan tertentu, seperti aerobik air dan berenang, tidak menempatkan tekanan yang menahan beban terus-menerus pada sendi lutut Anda.
  3. Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan berkontribusi pada kerusakan keausan yang dapat menyebabkan lutut bengkak.
  4. Bila lutut Anda bengkak, Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan meluruskan lutut dan meletakkannya lebih tinggi dari tubuh Anda. Kemudian berikan kompres dingin atau es untuk mengurangi radang dan bengkak. Bila dalam 24 jam tidak membaik, atau gejala yang disebutkan di atas terpenuhi, segera lakukan konsultasi pada dokter. (LM/STE/CM)

Referensi

Swollen knee – Symptoms and causes. (2019). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/swollen-knee/symptoms-causes/syc-20378129


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store