Makan Banyak Bikin Anda Mengantuk? Ini Dia Sebabnya…

238

Makanan yang Anda makan seharusnya memberikan Anda lebih banyak tenaga bukan? Lalu mengapa banyak orang seringkali justru merasa mengantuk setelah makan kenyang???

Ternyata ada beberapa hal dalam makanan yang Anda konsumsi yang dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk!

Makanan yang mengandung banyak karbohidrat, banyak lemak, dan banyak gula akan memicu suatu respon saraf saat makanan tersebut masuk ke dalam usus halus. Respon saraf ini atau yang biasa disebut dengan sistem saraf parasimpatik, akan “memberitahu” tubuh Anda untuk melambatkan berbagai fungsi lainnya dan memfokuskan seluruh energinya untuk mencerna makanan yang baru saja masuk.

 

Selain sistem saraf parasimpatik, makan banyak juga dapat memicu sekelompok sel-sel otak yang disebut dengan sel saraf orexin. Sel saraf orexin ini biasanya terdapat di dalam hipotalamus, di mana mereka sangat sensitif terhadap kadar gula di dalam darah, yang biasanya akan meningkat tajam saat Anda makan banyak. Sel saraf orexin ini berfungsi untuk menghasilkan protein yang disebut dengan orexin, yang berfungsi untuk menjaga otak tetap “terbangun”.

Selain orexin, ada hormon lainnya yang kadarnya juga dipengaruhi oleh makanan, yaitu insulin. Saat Anda makan, apalagi dalam porsi yang cukup banyak, maka kadar gula darah pun akan meningkat tajam, yang akan memicu peningkatan kadar hormon insulin.

Peningkatan kadar hormon insulin akan memicu peningkatan kadar serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin merupakan 2 jenis zat kimia otak yang telah diketahui berhubungan dengan rasa kantuk dan rasa bahagia.

Untuk mencegah Anda merasa mengantuk setelah makan, terutama setelah Anda makan banyak, kurangilah konsumsi lemak, karbohidrat sederhana, dan gula.

Selain itu, makan banyak, terutama di malam hari dapat membuat tidur nyenyak Anda terganggu lho! Hal ini dikarenakan saat Anda makan terlalu malam, misalkan jam 10 malam, maka kadar insulin dapat meningkat di tengah malam, yang akan membuat Anda terbangun di tengah malam atau membuat Anda tidak dapat tidur nyenyak di malam hari.