Makanan Ini Bisa Bantu Naikkan Tekanan Darah Lho…

271

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa garam dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Selain garam, ternyata ada banyak makanan lain yang juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda lho! Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang dapat membuat tekanan darah Anda meningkat.

 

Makanan Olahan

Sebagian besar garam yang Anda konsumsi berasal dari berbagai jenis makanan siap saji, makanan olahan, dan makanan restoran. Beberapa jenis makanan olahan yang mengandung banyak garam adalah berbagai jenis makanan kalengan, saos tomat, sup kalengan, kacang hitam kalengan, daging olahan, dan makanan beku.

 

Susu dan Produknya

Walaupun susu mengandung banyak kalsium, akan tetapi susu juga mengandung natrium. Satu cup susu rendah lemak mengandung sekitar 100 mg natrium. Beberapa jenis keju juga mengandung banyak garam. Pilihlah keju yang mengandung 140 mg natrium atau kurang setiap porsinya. Keju mozzarella dan keju swiss merupakan jenis keju yang mengandung paling sedikit natrium.

 

Roti Isi (Sandwich)

Roti isi atau yang lebih dikenal dengan nama sandwich merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak garam lho! Roti, daging isi, saus, dan acar yang menyusun roti sandwich merupakan berbagai jenis makanan yang mengandung banyak natrium (garam).

 

 

 

Minuman Beralkohol

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, dianjurkan agar seorang pria tidak mengkonsumsi lebih dari 2 gelas minuman beralkohol setiap harinya dan tidak lebih dari 1 gelas minuman beralkohol setiap harinya bagi seorang wanita.

 

Gula Tambahan

Gula tambahan yang ada di dalam berbagai jenis makanan olahan, terutama fruktosa dapat meningkatkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke; bahkan lebih tinggi daripada garam.

 

Minuman Energi

Karena berbagai jenis minuman energi mengandung kafein dan gula, maka minuman ini dapat menyebabkan perubahan tekanan darah. Akan tetapi, perubahan tekanan darah ini biasanya bersifat sementara.

Namun, minuman energi biasanya juga mengandung stimulan dan suplemen yang dapat meningkatkan tekanan darah. Salah satunya adalah ginseng yang dapat menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, tetapi akan meningkatkan tekanan darah bila dikonsumsi dalam dosis normal. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi ginseng bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, kecuali bila disarankan demikian oleh dokter Anda.

 

Ikan dan Makanan Laut Beku

Tahukah Anda bagaimana cara ikan dan makanan laut beku diawetkan? Salah satunya adalah dengan direndam dalam larutan garam. Hal ini dapat meningkatkan kandungan natrium di dalamnya.

Sebagai contoh adalah udang segar biasanya mengandung sekitar 224 mg natrium untuk setiap 100 gramnya, tetapi udang beku yang telah diawetkan dengan larutan garam untuk menjaganya tetap segar dapat mengandung 566 mg natrium untuk setiap 100 gramnya.

 


 

Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri. Download Aplikasi Pakdok Sekarang, Google Play Android Click Pakdok