Makanan Pencegah Sariawan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

213

Penyakit sariawan merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut. Bentuknya berupa luka cekung dan terlihat seperti bercak dengan warna putih agak kuning. Sariawan ini bisa timbul secara tiba-tiba, namun banyak juga yang mengalaminya karena tidak sengaja  menggigit bagian dalam bibir saat mengunyah makanan. Kekurangan Vitamin C, kekurangan zat besi, tak terjaganya kebersihan mulut, gangguan pencernaan, kekebalan tubuh menurun, dan faktor psikologi merupakan penyebab-penyebab lainnya.

Ketika mengalami sariawan, makanan selezat apapun akan terasa tidak enak. Namun jika tidak mengonsumsi makanan apapun, tubuh akan terasa sangat lemas. Untuk mengatasi masalah ini, berikut makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sariawan.

  1. Makanan yang mengandung vitamin B

Beberapa orang menganggap bahwa sariawan timbul lantaran hanya kurangnya vitamin C saja. Namun faktanya, kekurangan vitamin B malah faktor pemicu sariawan yang lebih besar. Pada sariawan, dapat terjadi infeksi akibat kuman dalam mulut, sehingga konsumsi vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan meminimalisir kemungkinan infeksi pada sariawan. Disamping itu, pada sariawan yang merupakan kerusakan sel mukosa, konsumsi vitamin B dapat membantu proses perbaikan sel-sel yang rusak. Nah, agar sariawan segera sembuh, sebainya Anda mengonsumsi makanan kaya vitamin B seperti tiram, telur ikan, susu kedelai, daging, telur, dan susu beras. Selain itu, konsumsi suplemen vitamin B dan C juga dapat Anda lakukan.

  1. Makanan yang mengandung zat besi

Selain vitamin B, tubuh juga membutuhkan zat besi untuk meredakan sariawan, sekaligus menguatkan tulang dan otot. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayur bayam, daging sapi, hati ayam, labu, kentang, brokoli, dan telur. Beberapa suplemen penambah darah juga dapat menjadi pilihan, karena suplemen tersebut merupakan suplemen berisi zat besi. Perlu diperhatikan, agar asupan zat besi dapat terpenuhi, hindari konsumsi susu bersamaan dengan konsumsi makanan-makanan sumber zat besi, karena susu dapat mencegah dan mengganggu proses penyerapan zat besi. Sebagai alternatif, apabila Anda ingin konsumsi susu sekaligus meningkatkan penyerapan zat besi, maka Anda dapat mengonsumsi susu 2 jam sebelum atau setelah konsumsi makanan sumber zat besi. Diharapkan dalam 2 jam, makanan telah selesai dicerna dan diserap, sehingga tidak mengganggu proses penyerapan satu sama lainnya.

  1. Makanan yang mengandung asam folat

Asupan lain yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah sariawan adalah asam folat. Asam folat dalam hal ini diperlukan unAsam folat banyak terdapat pada sayuran hijau gelap, seperti bayam, asparagus, kacang polong, lobak, dan juga kacang-kacangan.

  1. Buah-buahan

Jika Anda memiliki masalah sariawan yang serius, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk, pisang, dan nanas. Selain karena vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat menjadi antioksidan yang baik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi kuman penyebab sariawan. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store