Makanan Penting Bagi Pertumbuhan Tinggi Badan Anak Anda

Apa saja soal kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri

207

Tinggi badan seseorang sebagian besar tergantung pada faktor genetikanya. Akan tetapi, tinggi badan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh genetika. Hormon dan makanan yang Anda makan pun turut berperan.

Walaupun tinggi badan seseorang tergantung pada kedua orang tuanya, diet yang sehat dan seimbang juga dapat membantu seorang anak memiliki tinggi badan maksimal.

Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak Anda. Selain turut berperan dalam pertumbuhan tinggi badan, buah dan sayuran pun memiliki peranan penting bagi kesehatan anak Anda secara keseluruhan.

Buah dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin, serat, kalium, dan asam folat. Vitamin A merupakan salah satu komponen terpenting bagi pertumbuhan anak Anda. Vitamin A dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan jaringan lunak anak Anda.

Berbagai jenis buah seperti belewah, jeruk bali, jambu biji, mangga, pepaya, markisa, melon, dan aprikot mengandung vitamin A. Berbagai jenis sayuran yang mengandung vitamin A adalah wortel, kacang polong, labu kuning, brokoli, bayam, kol, ubi, dan sebagainya.

Makanan Tinggi Protein
Terdapat berbagai jenis makanan yang mengandung banyak protein seperti daging sapi, daging domba, daging babi, daging ayam, kecambah, telur, polong-polongan, kacang-kacangan, dan berbagai makanan laut (seafood).

Selain itu, berbagai jenis makanan ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral; seperti vitamin B, vitamin E, vitamin K, vitamin D, seng, magnesium, dan zat besi. Semua jenis vitamin ini penting untuk membentuk tenaga, membentuk sel-sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, dan sebagainya.

Seng memiliki peranan penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan anak dan remaja. Kekurangan seng dapat mengganggu pertumbuhan seorang anak. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak seng adalah tiram, daging babi, daging sapi, kacang mede, dan kepiting.

Gandum
Salah satu sumber energi tubuh manusia adalah gandum. Selain karbohidrat, gandum juga mengandung vitamin B kompleks, serat, zat besi, magnesium, dan selenium. Untuk memperoleh pertumbuhan yang maksimal, seorang anak sangat memerlukan jumlah kalori yang cukup setiap harinya, terutama saat masa pubertas di mana pertumbuhan anak sedang sangat meningkat.

Susu dan Berbagai Produk Olahannya
Susu, keju, krim keju, whip krim, yogurt, dan es krim merupakan beberapa jenis makanan yang juga berperanan penting bagi pertumbuhan seorang anak. Berbagai jenis susu dan produk olahan susu ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, protein, dan kalsium.

Vitamin D dan kalsium merupakan 2 hal yang sangat penting bagi pertumbuhan seorang anak. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tinggi badan seorang anak tidak maksimal. Oleh karena itu, konsumsilah cukup kalsium dan vitamin D setiap harinya, terutama saat pubertas.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok