Makanan Penunjang Tumbuh Kembang Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

275

Bunda pada masa pertumbuhan, Bunda harus lebih memperhatikan asupan gizi yang terkandung dalam makanan yang anak konsumsi.  Mengingat, makanan yang dikonsumsi oleh sang anak memiliki pengaruh yang cukup besar bagi tumbuh kembangnya. Jika bunda memberikan asupan gizi yang baik, maka pertumbuhan serta perkembangan anak pun dapat berjalan secara optimal.

Kandungan nutrisi yang ada didalam makanan sehat selain dapat membantu tumbuh kembang anak, nutrisi juga dapat meningkatkan keterampilan dan memori otak anak sehingga anak akan mudah dalam proses mengingat sesuatu maupun menghafalnya. Saat penyajian makanan, pasti bunda sering bingung memberikan makanan pada anak, karena kadang-kadang anak suka memilih-milih makanan. Biasanya anak menginginkan makanan yang tidak bisa mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh sang anak, hal ini dapat menyebabkan sang anak akan kekurangan beberapa zat gizi. Nah bunda tidak usah bingung, berikut makanan sehat yang dapat bunda berikan kedalam menu makanan sang anak agar asupan gizinya terpenuhi.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin, protein, zat besi dan mineral yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangan anak. Kuning telur mengandung lemak sehat seperti amino, kolin dan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan otak dan juga sistem saraf. Sedangkan pada putih telur mengandung banyak protein.

  1. Daging

Daging mengandung vitamin B12 yang berguna untuk pembentukan zat besi. Zat besi itu sendiri berfungsi mengoptimalkan perkembangan otak dan fungsi otak, serta mendukung pembentukan sistem imun yang baik. Selain itu, bunda harus memilih daging tanpa lemak. Karena daging tanpa lemak mengandung zat besi dan protein yang sangat tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak dalam melengkapi kebutuhan gizinya selama masa pertumbuhan

  1. Susu

Susu banyak mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh anak untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain kalsium, susu juga sebagai sumber protein dan lemak yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

  1. Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan juga sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Makanan ini mengandung beta koraten dan karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Sedangkan Vitamin A sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan mata, serta pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. (RA)

Daftar Pustaka

  1. https://pondokibu.com/makanan-sehat-pendukung-tumbuh-kembang-anak.html
  2. https://dokteranak.org/makanan-sehat-untuk-tumbuh-kembang-anak

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store