Makanan Sahabat Asi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

434

ASI merupakan sumber asupan yang sangat penting bagi bayi karena ASI kaya akan nutrisi serta antibodi yang dapat melindungi bayi dari bakteri dan virus. Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, ASI kemungkinan akan keluar sekitar 3-4 hari setelah ibu melahirkan. Nah, ASI tersebut akan diproduksi oleh tubuh secara otomatis sebagai respon terhadap hormon dalam aliran darah.

Setiap ibu pasti menginginkan produksi ASI-nya lancar dan banyak agar si buah hati bisa mengonsumsi makanan terbaik terutama pada enam bulan pertama kehidupannya. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Apa saja itu? Let’s check it out!

  1. Pepaya

Semua bagian pohon pepaya bisa digunakan untuk memperbanyak ASI, mulai dari buah, daun, bahkan bunganya. Kandungan vitamin A, vitamin C, mineral (seperti kalsium), asam folat dan juga enzim papain membuat buah ini kaya manfaat. Enzim papain bermanfaat untuk membantu proses pencernaan protein. Saat ibu menyusui, ibu membutuhkan banyak protein dalam memproduksi ASI. Buah pepaya juga memiliki banyak cairan sehingga buah pepaya baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.

  1. Sup daging/ayam/ikan

Sup juga merupakan salah satu makanan yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan untuk tubuh, sedangkan daging, daging ayam, atau daging ikan yang digunakan sebagai bahan sup dapat menambah protein bagi tubuh ibu menyusui. Selain daging ayam  dan lainnya digunakan sebagai bahan sup, bahan lainnya yang digunakan adalah sayuran. Dimana sayuran juga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh ibu menyusui.

  1. Bayam

Bayam dan sayuran yang berwarna hijau gelap lainnya mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak produksi ASI. Bayam juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti Vitamin A, B6, C, E, K, protein, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Namun Bunda harus tahu juga bahwa mengkonsumsi bayam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bayi Anda diare, konsumsilah bayam secukupnya saja.

  1. Daun Katuk

Daun katuk memiliki kandungan seperti senyawa minyak esensial, seperti flavonoid, tanin, saponin dan berbagai macam vitamin, dimana semua kandungan tersebut akan membantu memperlancar ASI dan juga akan memperbanyak jumlah ASI. Daun katuk juga banyak mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

  1. Kacang Almond

Almond kaya akan Omega-3 dan Vitamin E. Vitamin E sendiri akan membantu mengurangi rasa gatal akibat timbulnya post pregnancy stretchmark, sementara omega 3 merangsang hormon yang berperan dalam laktasi untuk memproduksi lebih banyak air susu. Bunda dapat mengkonsumsi Almond dalam bentuk aslinya (dimakan begitu saja-red), menaburkan serpihannya dalam makanan Bunda, ataupun  dalam bentuk yang sudah diproses kembali misalnya susu almond.

ASI merupakan pilihan terbaik karena berbagai manfaatnya bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi belum dapat ditandingi oleh susu atau makanan lain. Semoga artikel  (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://hamil.co.id/pasca-hamil/menyusui/makanan-untuk-memperbanyak-asi/
  2. https://id.theasianparent.com/7-makanan-yang-memperbanyak-asi/
  3. Lakshmeez; July 2018; 25 Best food to increase Breast Milk; retrieved from https://momjunction.com/articles/best-foods-to-increse-breast-milk_0076100/#gref/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store