MAKANAN SEHARI – HARI YANG DAPAT TINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

22

Secara keseluruhan, sistem kekebalan tubuh Anda melakukan pekerjaan luar biasa dalam membela Anda melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun terkadang terjadi kegagalan sehingga kuman menyerang dengan sukses dan membuat Anda sakit. Lalu, bagaimana Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda? Banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, salah satunya dengan memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Mungkin tanpa anda sadari, makanan yang anda temui sehari-hari mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Berikut makanan sehari hari yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda!

  1. Jamur Kancing

Jamur kancing mengandung selenium dan vitamin B berupa riboflavin dan niacin. Riboflavin merupakan vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein, lemak menjadi energi serta membantu proses penyerapan oksigen di dalam tubuh. Sedangkan niacin merupakan vitamin B3 yang membantu menutrisi sistem saraf, saluran pencernaan, dan kulit.

  • Bayam

Bayam mengandung folat, yang membantu tubuh Anda membuat sel-sel baru dan memperbaiki DNA. Selain itu bayam juga mengandung antioksidan. Untuk mendapat manfaat yang maksimal dari bayam sebaiknya bayam jangan dimasak terlalu matang.

  • Teh

Jangan ragu untuk memilih teh putih, hijau, atau hitam. Masing-masing memiliki polifenol dan flavonoid yang baik menangkal radikal bebas. Antioksidan ini mencari radikal bebas yang merusak sel dan menghancurkannya. Sebaiknya bila anda ingin mengkonsumsi the perhatikan untuk tidak menambahkan pemanis secara berlebihan.

  • Semangka

Selain menyegarkan , semangka merah yang matang mengandung antioksidan yang disebut glutathione. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Glutathione terdapat banyak pada bagian daging merah semangka di dekat kulit.

  • Yogurt rendah lemak

Probiotik, ditemukan dalam yogurt dan produk fermentasi lainnya, dapat mengurangi keparahan ketika anda terserang flu. Selain itu yogurt juga memiliki kandungan vitamin D yang membantu penyerepan kalsium oleh tulang.

  • Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang merupakan pro vitamin A yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Salah satu manfaat vitamin A yang banyak diketahui adalah untuk memelihara kesehatan mata.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak ditemukan di berbagai masakan Indonesia. Namun tahukan anda bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah bagus manfaatnya untuk kesehatan, diantaranya dapat menurunkan kolestrol dan meningkatkan kekebalan tubuh terutama untuk melawan infeksi bakteri, virus dan jamur.

Makanan yang disebutkan diatas hanya segelintir dari makanan sehari – hari yang mengandung banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pada dasarnya tubuh anda membutuhkan makanan yang bernutrisi seimbang serta asupan yang teratur dan cukup untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain konsumsi makanan yang bernutrisi, anda juga harus olahraga teratur. Olahraga teratur dapat berkontribusi langsung untuk sistem kekebalan tubuh karena secara langsung dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang memungkinkan sel-sel dan zat-zat dari sistem kekebalan tubuh bergerak bebas sehingga dapat melakukan pekerjaan mereka secara efisien. (LAM)

REFERENSI

https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-immune-foods

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system