Makanan Sehat Penambah Darah Bagi Ibu Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

288

Beberapa gangguan kehamilan dapat saja terjadi pada semua trimester kehamilan. ibu hamil biasanya sering mengalami kondisi kurang darah atau anemia dan hal tersebut menjadi faktor penyebab ibu hamil sering merasa pusing. Ibu yang sedang hamil, membutuhkan jumlah sel darah merah yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Saat sel darah merah menurun, maka kemampuan darah mengirimkan oksigen dan nutrisi dalam tubuh berkurang sehingga menyebabkan munculnya gejala anemia pada ibu hamil.

Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil biasanya akan diberikan obat penambah darah. Namun sebagian kecil ibu hamil tidak suka mengonsumsi obat penambah darah ini. Alasanya bermacam-macam, mulai dari merasa mual setelah minum obat ini, hingga tidak suka dengan aroma obat ini. Nah untuk ibu yang merasa begitu, ibu dapat mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi makanan penambah darah yang pastinya sehat dan aman bagi janin. Makanan apa sajakah itu? Mari baca artikel di bawah ini!

  1. Sayur bayam

Bayam merupakan sayuran yang sudah terkenal untuk mengatasi anemia pada tubuh ibu hamil. Sayuran ini mengandung zat besi, asam folat, serat, dan beta karoten. Zat besi dan asam folat bisa membantu mengatasi kekurangan darah seperti anemia. Sementara beta karoten akan membantu pertumbuhan paru-paru pada janin, menjaga kesehatan organ pernafasan dan juga penting untuk kesehatan mata ibu hamil.

  1. Buah-buahan

Selama hamil wanita juga disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan. Karena makanan ini baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk mencegah anemia pada ibu hamil adalah buah pisang. Karena pisang memiliki banyak kandungan zat besi dan mineral yang bisa menambah darah pada ibu hamil. Selain buah pisang, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C, sebab vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

  1. Telur

Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein untuk mencegah anemia. Dalam tubuh ibu ada peningkatan produksi dan perkembangan sel-sel dalam tubuh, termasuk sel darah merah, yang artinya dalam proses ini sangat membutuhkan protein. Nah telur dikenal sebagai makanan dengan sumber protein yang baik.

  1. Kurma

Kurma mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, Vitamin B dan Magnesium yang bermanfaat membantu menambah darah dalam tubuh ibu hamil. Untuk ibu hamil yang anemia, maka disarankan mengonsumsi kurma sebanyak 100 gram setiap harinya. Hal ini akan membantu tenaga ibu hamil kembali seperti semula. Selain itu, kurma juga menjadi makanan penguat kandungan dan makanan sehat pada awal kehamilan. (RA)

Daftar Pustaka

https://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/makanan-sehat/penambah-darah-untuk-ibu-hamil

https://moslemlifestyle.com/id/article/makanan-penambah-darah-


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store