Makanan Sehat, Sahabat Untuk Jantung Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

300

Memiliki jantung yang sehat, tentunya merupakan impian semua orang. Namun, banyak orang yang sering tidak peduli akan hal-hal yang dapat mengakibatkan jantungnya tidak berfungsi dengan baik. Nah, untuk menjaga agar jantung tetap berfungsi dengan baik, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Lantas, Apa saja makanan sehat yang dimaksud? Simak penjelasan di bawah ya.

  1. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, rendah kalori serta kaya akan serat makanan. Sayuran dan buah-buahan yang dapat dipilih dan adalah sayuran dan buah segar atau beku, sayuran kalengan namun dengan kadar garam/ sodium yang rendah, dan buah kaleng dikemas dalam jus atau air. Namun Anda perlu membatasi konsumsi kelapa, sayuran yang dimasak dengan dengan saus krim, sayuran yang digoreng atau dilapisi tepung roti, buah kaleng dikemas dalam sirup yang berat (kadar gula tinggi), serta buah beku dengan tambahan gula.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah sumber serat yang baik dan nutrisi yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Produk biji-bijian yang dapat dipilih misalnya tepung gandum dan roti gandum utuh,  sereal serat tinggi dengan serat sebanyak 5 g atau lebih dalam satu porsi, biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum dan soba, serta oatmeal. Sedangkan produk biji-bijian yang perlu Anda batasi misalnya roti putih roti jagung, donat, biscuit, kue, mie telur, jagung dengan bumbu mentega, serta cemilan yang tinggi lemak.

  1. Makanan rendah Lemak

Langkah penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menjaga agar jantung tetap sehat adalah membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans. Namun demikian lemak tetap dibutuhkan untuk melarutkan vitamin dalam tubuh kita, karena itu pilihlah makanan dengan kadar lemak rendah seperti:

  1. Daging dengan lemak kurang dari 10%
  2. Lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau minyak canola.Lemak tak jenuh ganda, ditemukan pada ikan salmon, sarden, alpukat, kacang dan biji-bijian
  3. Margarine, yang bebas lemak trans

Waspadai mentega (termasuk mentega coklat), margarin hidrogenasi, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit karena mengandung lemak jenuh dan trans fat.

  1. Protein rendah lemak

Bahan makanan mengandung protein yang sehat bagi jantung adalah daging tanpa lemak, ungags tanpa kulit, ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon dan sarden, produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt, serta telur dan produk kacang kedela.

Hindarilah konsumsi susu yang kadar lemaknya tinggi, daging berlemak, iga, daging goreng atau dilapisi tepung roti, serta jerohan dan produk olahannya seperto sosis.

  1. Makanan dengan kadar natrium yang rendah.

Selain mengurangi jumlah natirum (garam) di makanan yang dimasak, anda juga harus  memperhatikan jumlah natirum yang ada pada makanan kaleng atau olahan lainnya. Rempah rempah, campuran bumbu bebas atau sedikit garam, dan beberapa sup yang dikemas dalam kaleng memiliki kadar Natrium yang rendah. Makanan dengan natrium tinggi harus dibatasi atau dihindari karena akan berpengaruh dalam proses pemimgkatan tekanan darah.

Setelah mengetahui pilihan makanan sehat, diharapkan anda lebih berhati-hati dalam memilih sumber nutrisi Anda sehari-hari. Tentunya pola makan dengan makanan yang sehat ini harus didamingi dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga dan juga mengurangi mengkonsumsi rokok dan alkohol. (LM/CM)

Referensi

8 diet tips to prevent heart disease  (2018) https://mayoclinic.org/diseasesconditions/heart-disease/in-depth/heart-healthy-diet/art-20047702


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store