Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

363

Penyakit jantung masih menjadi juara I penyebab kematian secara global. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, dan tidak merokok adalah inti dari gaya hidup yang sehat. Seperti yang kita ketahui, makanan bukan saja menjadi nutrisi untuk tubuh kita, tetapi juga dapat menjadi salah satu sumber peyakit. Ada beberapa makanan yang baik untuk menjaga jantung dan pembuluh darah agar tetap sehat.

  1. Biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Manfaat yang berasal dari biji-bijian tersebut karena biji-bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

  1. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi kacang almond, kacang pinus, dan kacang tanah hampir setiap hari memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung banyak vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal, dan pastinya kandungan lemak jenuh yang sangat rendah. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur juga baik untuk kesehatan jantung karena kacang hijau kaya akan serat larut dan zat lainnya yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Cokelat hitam

Para peneliti telah menemukan bahwa cokelat kaya akan flavanol yang memiliki efek pengencer darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Senyawa dalam cokelat yang disebut epikatekin, sebuah antioksidan, dapat meningkatkan kadar oksida nitrat yang merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh pembuluh darah untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kedua makanan ini mengadung  banyak vitamin, mineral, serat, dan rendah kalori. Untuk buah Anda dapat mengonsumsi buah tomat yang kaya akan vitamin C, Vitamin A, Kalium, dan serat. Flavonoid yang terkandung didalam apel memiliki peran kunci untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), mencegah pertumbuhan plak dalam arteri, dan menghabat peradangan. Selain itu anda dapat mengonsumsi buah beri, delima, dan pisang memiliki manfaat yang sama. Serat dalam sayuran juga tampaknya dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

  1. Ikan dan daging ayam

Selain buah dan sayur, Anda juga perlu mengonsumsi beragam ikan. Diutamakan ikan yang mengandung omega 3, seperti salmon. Omega 3 dalam salmon dapat menurunkan trigliserida dan mampu membuat aliran darah lebih lancar dengan mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Selain salmon, ikan lain yang juga sehat dikonsumsi untuk jantung adalah tuna, sarden, dan ikan kembung. Sebuah studi menunjukan bahwa ikan seperti salmon dan tuna mengadung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah irama jantung yang tidak teratur. Tak hanya ikan, kamu dapat mengonsumsi lauk lain. Misalnya, ayam tanpa kulit, telur, atau daging rendah lemak. Saat menyiapkan daging ayam, sebaiknya buang kulitnya. Pada proses pengolahan, hindari penggunaan minyak jenuh dan lemak trans supaya kedua makanan ini tetap baik untuk jantung. (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://dokterbabe.com/artikel/makanan-sehat-untuk-jantung/
  2. https://bliherbal.com/14-makanan-sehat-untuk-penderita-jantung/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store