Makanan Sehat Untuk Jantung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

121

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Sehingga sebaiknya kita harus menjaga agar jantung tetap sehat. Banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya adalah dari makanan yang kita konsumsi. Berikut makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Makanan ini merupakan salah satu sumber makanan yang bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar bisa berfungsi untuk mengatur keseimbangan dalam tubuh. Selain itu dalam satu buah ubi jalar juga ditemukan magnesium yang bisa bermanfaat untuk membuat sistem peredaran darah dalam tubuh berjalan dengan baik. Kalium adalah jenis zat lain yang ditemukan dalam ubi jalar. Kalium menjadi salah satu jenis elektrolit yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan beberapa sistem syaraf dalam tubuh. Anda dapat menggunakan ubi jalar sebagai sumber karbohidrat dalam konsumsi sehari-hari, misalnya untuk menggantikan peran nasi, pasta, roti, atau kentang.

  1. Ikan laut

Kandungan omega 3 pada ikan laut sangat bermanfaat bagi jantung Anda, karena dapat menurunkan kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung dan sebaliknya meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh Anda. Selain itu, vitamin D yang terkandung pada ikan laut juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu proses pencernaan. Ikan laut dapat Anda konsumsi setiap hari sebagai sumber protein hewani, menggantikan ayam, daging, dan telur. Namun, perhatikan pula cara mengolahnya, mengolah makanan dengan merebus, mengukus, dan memanggang jauh lebih sehat dibanding dengan menggoreng atau membakarnya.

  1. Tahu

Tahu merupakan olahan makanan yang berbahan dasar kedelai, dimana memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Protein yang berasal dari kedelai berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol buruk atau LDL. Sebagai makanan yang mengandung protein, tahu juga dapat membantu proses perbaikan sel-sel dalam tubuh.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Potassium dalam alpukat dapat membuat aliran darah lancar, dan tekanan darah menurun. Sehingga pompa jantung pun akan ikut berfungsi secara optimal. Anda dapat mengonsumsi alpukat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus ataupun salad. Namun, hati-hati, pembuatan jus dengan tambahan gula, susu, ataupun pemanis buatan terlalu berlebih juga berbahaya untuk jantung. Selain itu, untuk pembuatan salad, pilihlah penyajian salad dengan menggunakan minyak olive atau mayonaise rendah lemak agar lebih sehat.

  1. Jeruk

Jeruk memiliki serat yang dapat melawan kolesterol.. Buah ini juga memiliki kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah studi, 2 cangkir jus jeruk perhari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, juga dapat menurunkan tekanan darah pada pria. Sekali lagi, perlu diwaspadai penyajian jus dengan tambahan gula, susu, atau pemanis buatan berlebihan, agar jus yang seharusnya memiliki efek baik tidak memberikan efek buruk untuk tubuh. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/30-makanan-sehat-untuk-jantung

geosehat.com/makanan-sehat-untuk-jantung/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store