MAKANAN SEHAT UNTUK LANSIA

12

Lansia atau yang biasa dikenal dengan lanjut usia, adalah usia untuk kelompok masyarakat dengan umur enam puluh tahun ke atas. Lansia identik dengan kematangan, identik dengan progresivitas kedewasaan. Namun dengan seiringnya waktu berjalan, penambahan umur juga banyak diikuti oleh penambahan risiko terkena penyakit degeneratif, metabolik, keganasan, dan infeksi. Oleh karena itu lansia harus memiliki gaya hidup yang sehat untuk dapat mencegah terserang penyakit-penyakit ini.

Makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan yang sehat merupakan kunci dari hidup lebih lama. Para ahli berpendapat bahwa cara memilih makanan harus disamakan dengan merawat mobil tua. Mobil butuh dibersihkan dan diberi bahan bakar yang baik agar awet, begitu juga dengan lansia, lansia butuh makanan yang baik agar sel-sel di tubuh tetap terjaga. Secara umum cara terbaik untuk memilih makanan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gizi atau ahli gizi. Dengan ini  lansia tidak akan terkena malnutrisi (kekurangan nutrisi) dan tetap dapat hidup sehat dengan gizi yang tercukupi. Terutama jika lansia menderita penyakit metabolik seperti diabetes melitus yang membuat pengaturan makanan menjadi sedikit lebih sulit dan rumit.

Namun ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi ketika usia sudah menua. Beberapa makanan yang penting ini adalah:

  • Air putih. Bukan makanan? Mungkin saatnya berpikir bahwa air putih adalah makanan. Saat usia mulai senja, rasa haus tidak sekuat waktu saat muda. Karena hal ini, lansia cenderung mengkonsumsi air lebih sedikit daripada yang dibutuhkan. Kurang mengkonsumsi air dapat menimbulkan gangguan pada ginjal. Selain itu kurang minum air juga dapat mengakibatkan kelelahan dan sakit kepala.
  • Blueberry Makanan ini sehat dan mengandung banyak antioksidan serta vitamin A dan E. Beri lain sebenarnya juga sangat bermanfaat, namun makanan yang satu ini mengandung manfaat paling banyak.
  • Ikan Ikan seperti salmon dan sarden (bukan kaleng) sehat untuk dikonsumsi. Makanan ini mengandung omega tiga dan asam amino yang baik untuk tubuh. Konsumsilah dua porsi dalam seminggu.
  • Yogurt Seiring dengan peningkatan usia, tulang menjadi lemah dan keropos karena osteoporosis. Osteoporosis terjadi salah satunya karena kekurangan kalsium. Yogurt adalah sumber kalsium yang baik. Pilihlah yogurt yang telah difortifikasi dengan vitamin D, karena lebih dapat mencukupi nutrisi dan mencegah osteoporosis.
  • Tomat tomat adalah makanan yang mengandung banyak  tomat adalah makanan yang mengandung banyak lycopene. Saat ini menurut para ahli dapat mencegah kanker. Pilihlah tomat yang sudah diblender atau dimasak, para ahli berpendapat bahwa tomat yang telah dipanaskan atau dihancurkan melepaskan lebih banyak lycopene
  • Kacangkacang-kacangan seperti almond baik untuk dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Karena kacang kaya akan omega 3 dan lemak tidak jenuh. Namun konsumsi kacang juga harus hati-hati karena dapat menyebabkan gout artritis. (RPG)

Sumber

DONOVAN, John. 2018. WEBMD. [online]. [Accessed 18 February 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.webmd.com/healthy-aging/over-50-nutrition-17/anti-aging-diet>