Makanan Sehat Yang Jarang Dimakan

154

Sekarang ini, telah banyak diberitakan mengenai berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan, baik daging, sayuran, maupun buah-buahan. Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran, semakin banyak obat-obatan dan suplemen yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf kesehatan manusia. Namun, terdapat beberapa jenis makanan sehat yang seringkali dilupakan oleh sebagian besar orang.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh makanan sehat tersebut:

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan kaya nutrisi, yang mengandung berbagai nutrisi penting mulai dari protein, serat, karbohidrat kompleks, zat besi, magnesium, kalium, dan seng. Berdasarkan penelitian, memakan kacang-kacangan segenggam sehari dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.

  • Semangka

Banyak orang menganggap buah semangka mengandung banyak karbohidrat dikarenakan oleh rasanya yang manis, tetapi jangan salah sangka, semangka mempunyai kalori yang rendah dan kaya vitamin A dan C, kalium, dan likopen. Selain itu, semangka juga mempunyai kandungan air yang tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh anda akan cairan.

Keuntungan lainnya dari semangka adalah karena kulitnya yang tebal, pestisida sulit masuk ke dalam buah ini, sehingga semangka adalah salah satu buah yang mengandung sangat sedikit pestisida.

  • Ubi

Rasa ubi yang manis membuat banyak orang mengira bahwa ubi adalah makanan tinggi kalori dan karbohidrat. Ubi merupakan sumber beta karoten, vitamin C, serat, dan kalium yang baik, dengan jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi.

  • Kubis Merah

Kubis merah merupakan sumber serat, vitamin A, D, K, asam folat, dan berbagai mineral yang hanya mengandung 22 kalori dalam 1 gelas kubis. Selain itu, tingginya kandungan antioksidan pada kubis merah membuatnya menjadi salah satu makanan yang dapat melawan kanker.

  • Tomat

Tomat telah dikenal sebagai salah satu makanan untuk mencegah kanker prostat dan berbagai jenis kanker lainnya. Kandungan antioksidan likopene yang tinggi pada tomat dapat membantu melawan kanker. Anda dapat menikmati tomat dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk tomat mentah, pasta tomat, sampai jus tomat; yang kesemuanya mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

  • Greek Yogurt Tanpa Lemak

Yogurt adalah sumber kalsium, kalium, protein, seng, dan vitamin B6 serta B12 yang baik. Perbedaaan Greek yogurt dengan yogurt biasa adalah kekentalannya, kandungan probiotiknya, kadar laktosa yang rendah, dan kadar protein yang lebih tinggi daripada yogurt biasa. Greek yogurt dapat menjadi salah satu alternatif makanan dalam diet anda yang dapat membantu menjaga berat badan anda dan membuat anda tetap kenyang.