MAKANAN YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

12

Tubuh akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon di masa kehamilan. Kebutuhan setiap jenis nutrisi di masa kehamilan tentu berbeda dengan kebutuhan nutrisi saat tidak hamil. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi lengkap. Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil ataupun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Jenis diet yang dianjurkan selama kehamilan mengacu pada memperbaiki kebiasaan makan Anda untuk memastikan Anda menerima nutrisi yang cukup untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan, Anda harus makan dari berbagai kelompok makanan, termasuk buah-buahan dan sayuran, roti dan biji-bijian, sumber protein dan produk susu. Biasanya, Anda perlu mengonsumsi 300 kalori ekstra dalam sehari.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.

  • Buah.

Buah-buahan mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Pisang adalah buah yang baik untuk ibu hamil yang menyediakan cukup serat dan kalori sebagai energi untuk mencegah kelelahan, serta kalium dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu tetap normal. Kandungan zat besi pisang juga membuat buah ini bagus untuk ibu hamil. Asupan zat besi yang mencukupi dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Jeruk juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung tinggi folat dan mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Selain itu, alpukat, mangga, semangkan dan juga melon merupakan jenis buah-buahan yang juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Sayuran hijau.

Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah brokoli, bayam, sawi, dan kubis. Jenis sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, dan antioksidan. Selain itu, kadar serat tinggi yang terkandung di dalamnya mampu mencegah sembelit pada ibu hamil.

  • Kacang-kacangan.

Contohnya adalah kedelai, kacang panjang, kacang polong, dan kacang tanah. Kandungan folat dalam kacang-kacangan yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan.

  • Ikan, telur, daging, susu.

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Jenis ikan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil adalah jenis ikan seperti ikan lele, kembung, nila, mujair, mas, salmon, dan tuna. Telur, daging ayam, dan daging sapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu, zat besi dan vitamin B di dalamnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia. Saat hendak dikonsumsi, pastikan daging dan telur yang dikonsumsi sudah diolah dengan baik dan dimasak hingga benar-benar matang. (PK/PAY)

Referensi:

NHS UK. Have a healthy diet in pregnancy. 2017

Kementerian Kesehatan RI. Makanan Sehat Ibu Hamil. 2011

American Pregnancy Association. Diet During Pregnancy.