Makanan yang Dapat Memicu Terjadinya Serangan Migrain

137

Jika Anda pernah mengalami serangan migrain, Anda tentunya akan berusaha untuk tidak mengalaminya kembali. Migrain dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri kepala berdenyut yang cukup berat pada salah satu sisi kepala Anda. Selain itu, serangan migrain seringkali juga diikuti oleh gejala lainnya seperti mual, muntah, dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya atau suara.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya serangan migrain adalah dengan menghindari berbagai hal yang dapat memicu terjadinya serangan. Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya serangan migrain pada beberapa orang. Selain itu, makanan yang sebelumnya pernah memicu terjadinya serangan migrain pada Anda, mungkin tidak akan menimbulkan efek yang sama sekarang ini. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya serangan migrain pada beberapa orang.

1. Daging dan Susu

Berbagai jenis daging, daging unggas, ikan, dan berbagai produk susu diduga dapat memicu terjadinya serangan migraine. Berbagai jenis daging olahan seperti daging kalengan merupakan salah satu penyebab utama terjadinya serangan migrain.

Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari hot dog, saus bolognaise, sosis, peperoni, dan salami. Beberapa jenis produk susu yang dapat memicu terjadinya serangan migrain adalah krim asam dan berbagai jenis keju seperti keju cheddar, keju Swiss, keju mozzarella, dan keju provolone.

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memang penting bagi kesehatan Anda, akan tetapi bila Anda menderita migrain, Anda mungkin harus waspada terhadap beberapa jenis buah dan sayuran. Beberapa jenis buah yang dapat memicu terjadinya serangan migrain adalah kismis, pepaya, plum, pisang, alpukat, dan buah ara. Pisang yang terlalu matang dan alpukat merupakan 2 jenis buah yang paling sering memicu terjadinya serangan migraine.

Beberapa jenis sayuran yang dapat memicu terjadinya serangan migrain adalah kacang, bawang Bombay, dan bawang putih mentah. Beberapa jenis kacang yang dapat memicu terjadinya serangan migrain adalah lima, navy, garbanzo, pinto, dan pole.

3. Roti Tertentu

Sebagian besar jenis roti yang banyak dijual di pasaran tidak memicu terjadinya serangan migrain, akan tetapi sisa adonan roti, roti beragi yang baru saja matang, dan kue yang mengandung kopi mungkin dapat memicu terjadinya serangan migrain.

Selain itu, berbagai jenis biskuit atau roti yang mengandung keju juga dapat memicu terjadinya migrain, termasuk pizza.

4. Minuman Tertentu

Berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung coklat juga dapat memicu terjadinya serangan migrain. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari konsumsi minuman coklat panas dan susu coklat.

Kafein juga merupakan salah satu pemicu terjadinya serangan migrain, bahkan dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari atau membatasi konsumsi kopi dan teh berkafein. Hindari juga beberapa jenis minuman beralkohol, terutama bir, anggur merah, dan sherry.

5. Makanan Manis

Jika Anda merupakan salah satu penggemar makanan manis, maka mengurangi makanan manis mungkin merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Akan tetapi, bila Anda ingin mencegah terjadinya serangan migrain, maka Anda mungkin harus menghindari beberapa jenis makanan penutup, terutama yang mengandung coklat dan kacang. Hindari juga konsumsi berbagai jenis roti yang mengandung ragi.