Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Kadar Gula Darah Tinggi atau Rendah

242

Kadar gula darah normal seorang manusia adalah antara 70-150 mg. Peningkatan atau penurunan kadar gula darah tergantung pada makanan yang Anda konsumsi, terutama karbohidrat dan hormon insulin dan glukagon di dalam tubuh Anda.

Pada beberapa keadaan, kadar gula darah Anda dapat menjadi terlalu tinggi atau dikenal dengan hiperglikemia atau justru terlalu rendah, biasa disebut dengan hipoglikemia. Mengkonsumsi makanan tertentu dapat membantu mengatasi hiperglikemia dan hipoglikemia.

Apa Itu Hiperglikemia?

Hiperglikemia merupakan suatu keadaan di mana kadar gula darah menjadi terlalu tinggi. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, pada usia berapa pun, dan kapan saja; akan tetapi biasanya paling sering dialami oleh seorang penderita diabetes.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Mengalami Hiperglikemia

Orang yang sering mengalami hiperglikemia, misalnya seorang penderita diabetes, dianjurkan untuk menyeimbangkan jumlah karbohidrat, lemak, dan protein yang dikonsumsinya setiap harinya yaitu sekitar 45-65% kalori harian berasal dari karbohidrat, 15-20% kalori harian berasal dari protein, dan 20-35% kalori harian berasal dari lemak.

Selain itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks seperti buah segar, sayuran, gandum, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak serta produknya.

Apa Itu Hipoglikemia?

Hipoglikemia merupakan suatu keadaan di mana kadar gula darah terlalu rendah. Gula dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Seperti halnya hiperglikemia, hipoglikemia juga lebih sering terjadi pada seorang penderita diabetes.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Mengalami Hipoglikemia

Bila Anda mengalami hipoglikemia, dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan manis seperti jus buah, permen, atau tablet glukosa untuk menaikkan kadar gula darah dalam waktu singkat.


Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri. Download Aplikasi Pakdok Sekarang, Google Play Android Click Pakdok