Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Berolahraga

118

Makanan merupakan sumber tenaga dan sumber nutrisi bagi tubuh. Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan, meningkatkan massa otot, atau melatih stamina; maka makanan yang Anda konsumsi setelah berolahraga juga merupakan hal yang penting.

 

  • Karbohidrat

Otot sangat bergantung pada karbohidrat sebagai sumber tenaganya. Makanan yang paling bermanfaat bagi proses penyembuhan otot setelah berolahraga adalah 4 gram karbohidrat bagi setiap 1 gram protein. Karbohidrat yang mudah dicerna, termasuk gula alami seperti yang terdapat di dalam buah segar dan madu adalah yang paling efektif.

 

  • Protein

Mengkonsumsi protein setelah berolahraga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan protein merupakan sumber asam amino yang diperlukan tubuh untuk membentuk kembali otot yang rusak akibat olahraga berat dan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Protein dalam bentuk cairan merupakan jenis protein yang paling mudah diserap oleh otot.

 

  • Lemak

Walaupun lemak tidak jenuh juga diperlukan oleh tubuh, akan tetapi pastikan Anda membatasi konsumsi lemak Anda seminimal mungkin setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan lemak dapat memperlambat proses penyerapan protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya oleh otot; yang juga dapat memperlambat proses penyembuhan otot.

 

Selain makanan, kapan Anda makan setelah berolahraga juga merupakan hal yang penting bagi proses penyembuhan otot. Makanlah 30-60 menit setelah berolahraga karena waktu ini merupakan waktu yang paling optimal bagi proses penyerapan nutrisi oleh otot. Menunggu terlalu lama untuk makan akan membuat tubuh menyimpan makanan yang Anda makan sebagai lemak.

 

 

Sumber: ehow