Mandi Lama Berbahaya Bagi Penderita Eksim, Masa Sih?

274

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh para penderita eksim adalah menjaga kelembaban kulitnya. Akan tetapi, benarkah berlama-lama berendam di kamar mandi dapat membuat kulit kering Anda menjadi lebih lembab? Jawabannya adalah tidak! Hal ini dikarenakan semakin lama Anda mandi, maka semakin kering kulit Anda nantinya.

Hal ini dikarenakan mandi terlalu lama akan membuat lapisan lemak (minyak) pada kulit menghilang. Lapisan minyak inilah yang membantu menjaga kelembaban kulit Anda sambil membunuh berbagai bakteri berbahaya. Oleh karena itu, kulit berminyak sebenarnya merupakan hal yang  baik bagi kesehatan kulit Anda.

Saat Anda mandi, maka Anda pun akan membuat lapisan lemak pada kulit Anda menghilang. Hal inilah yang membuat wajah Anda tidak lagi terasa berminyak setelah Anda mandi. Akan tetapi, bila terlalu banyak lapisan lemak yang hilang, maka kesehatan kulit Anda pun akan terganggu.

Karena lapisan lemak kulit juga berfungsi sebagai “semen” yang menyatukan sel-sel lapisan kulit terluar, maka dengan hilangnya lapisan lemak ini, maka Anda pun membuat lapisan kulit lebih dalam yang lebih sensitif terpapar oleh berbagai zat kimia.

Lebih parahnya lagi, kulit Anda tidak dapat memproduksi minyak secepat Anda menghilangkannya setiap hari. Hal ini akan membuat kulit Anda “telanjang” dan kekurangan minyak yang dibutuhkan untuk menjaga kelembabannya, yang membuat kulit Anda menjadi lebih mudah kering dan bersisik.

Jadi berapa kali sebenarnya Anda harus mandi setiap harinya? Beberapa orang ahli mengatakan bahwa mandi seminggu sekali baik bagi kesehatan kulit Anda. Tetapi, beberapa orang ahli lainnya mengatakan bahwa bukan seberapa sering Anda mandi yang mempengaruhi keadaan kulit Anda, tetapi bagaimana cara Anda mandi yang mempengaruhi.

Misalnya, air panas dapat membuat lapisan minyak kulit hilang lebih cepat. Oleh karena itu, mandilah dengan menggunakan air hangat. Mandi atau berendam selama 10-15 menit dapat membersihkan tubuh Anda tanpa membahayakan “lapisan pelindung” kulit Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak menggosok kulit Anda terlalu keras.

Intinya, bagaimana pun cara Anda mandi atau seberapa sering Anda mandi, yang perlu diperhatikan adalah selalu gunakan pelembab untuk melembabkan kulit Anda setiap kali Anda mandi. Gunakan juga pakaian berbahan katun. Dengan perawatan kulit yang tepat, maka Anda pun dapat meminimalisir gejala eksim Anda.

 

Sumber: cottonique