Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

238

Kandungan Nutrisi di Dalam Air Kelapa
Air kelapa mengandung banyak air dan setiap 100 gramnya hanya mengandung sekitar 20 kalori. Air kelapa juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, seng, dan magnesium.

1.  Menutrisi Kulit
Air kelapa sangat baik bagi kesehatan kulit anda. Air kelapa dapat membantu mencerahkan warna kulit anda. Mengoleskan air kelapa secara langsung pada wajah anda dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat dan membantu menghilangkan noda hitam pada kulit wajah anda. Air kelapa juga dapat membantu menghidrasi kulit dan membuatnya tampak lebih berkilau.

Air kelapa juga mengandung banyak kalium, antioksidan, asam laurat, dan sitokin yang dapat membantu meremajakan kulit anda. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh dan mencegah terjadinya eksim.

Mengkonsumsi air kelapa juga dapat mencegah terjadinya heat stroke dan luka bakar pada kulit akibat sinar matahari. Air kelapa juga dapat menurunkan suhu didih air. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan sirkulasi oksigen yang membuat kulit tampak bersinar.

2.  Menurunkan Tekanan Darah
Air kelapa mengandung banyak elektrolit seperti kalium yang dapat membantu menyeimbangkan efek natrium di dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, vitamin C dan magnesium di dalam air kelapa juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3.  Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Air kelapa juga dapat membuat anda merasa tidak terlalu begah setelah makan dan meningkatkan kerja sistem pencernaan. Air kelapa telah dikenal dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan infeksi saluran kemih.

Air kelapa dapat membantu membersihkan saluran kemih anda dengan cara membuang berbagai zat beracun dari dalam tubuh anda. Air kelapa juga memiliki sifat diuretik sehingga dapat membantu mengurangi pembentukan batu ginjal. Mengkonsumsi air kelapa juga dapat membantu membuang cacing-cacing di dalam usus anda.

Air kelapa mengandung monolaurat yang merupakan agen antivirus sehingga dapat membantu melawan berbagai penyakit. Konsumsi air kelapa sangat baik bagai penderita diare.

4.  Membantu Menjaga Berat Badan
Air kelapa mengandung banyak elektrolit dan nutrisi yang penting bagi tubuh anda, yang bahkan baik dikonsumsi setelah atau selama anda berolahraga untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Air kelapa mengandung sangat sedikit lemak dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Bahkan sebenarnya air kelapa juga dapat membantu metabolisme lemak tubuh, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah serta mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam pembuluh darah.

Air kelapa juga mengandung banyak serat (paling banyak di antara semua minuman lainnya) yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

5.  Baik Bagi Jantung
Air kelapa juga mengandung berbagai antioksidan (fitohormon) dan agen anti platelet sehingga mencegah pembentukan bekuan darah. Air kelapa juga dapat membantu melebarkan dinding pembuluh darah, mencegah pembentukan plak lemak (penempelan gumpalan lemak pada dinding pembuluh darah), dan menurunkan kadar kolesterol LDL serat trigliserida.

6.  Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Mengkonsumsi air kelapa dapat membuat rambut anda tampak berkilau. Bila digunakan sebagai conditioner, air kelapa dapat membantu menebalkan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah pada rambut. Penggunaan air kelapa dapat mencegah rambut menjadi kusam dan kering. Asam lurik di dalam air kelapa juga dapat mengikat protein rambut sehingga mengurangi jumlah rambut rontok.

7.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari air kelapa bagi kesehatan anda adalah:
•  Membantu mengurangi berbagai gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga baik bagi wanita hamil
•  Membantu mengurangi kram otot (kalium)
•  Membantu menguatkan tulang (kalsium)
•  Membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes

Sumber: foodtofitness