Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Ginjal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

233

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang senantiasa bekerja keras setiap hari. Ginjal memiliki fungsi dalam menjaga cairan dalam tubuh agar tetap seimbang, sekaligus mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berperan dalam proses penyaringan darah dan pembuangan racun melalui urin. Namun bagaimana jika ginjal Anda tidak sehat? Kerusakan ginjal tentu menyebabkan kinerja ginjal tidak akan maksimal seperti pada umumnya.

Ada banyak faktor yang dapat menganggu fungsi ginjal, salah satunya adalah karena kurang minum air putih. Kurangnya cairan akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras dalam menyerap kembali air yang hampir terbuang bersama urin agar tubuh tidak kekurangan cairan. Air juga berperan sebagai media transportasi zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga perlu jumlah cairan yang cukup dalam tubuh agar zat-zat tersebut dapat sampai ke dalam ginjal, disaring. dan dibuang dalam bentuk urin.

Hasil penelitian menyarankan agar setiap orang mengonsumsi minimal 2 liter air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalm tubuh. Konsumsi ini sebenarnya tidak dibatasi pada konsumsi air mineral saja. Anda dapat memenuhi 2 liter kebutuhan cairan ini melalui makanan berkuah ataupun jenis minuman lain yang Anda konsumsi. Akan tetapi, air mineral tetap lebih disarankan daripada yang lain karena air mineral merupakan asupan cairan yang paling netral untuk tubuh.

Sebuah penelitian di Amerika (Carhan, 2004) menunjukkan, mereka yang mengkonsumsi sedikit air memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita batu ginjal. Sebaliknya, dua penelitian terbaru dari Danone Research menemukan bahwa peningkatan asupan cairan akan mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Sering meminum air juga dapat mencegah munculnya bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Anda dapat mengukur kecukupan cairan dalam tubuh Anda, dengan cara melihat warna urin yang Anda keluarkan. Warna urin yang normal adalah kuning jernih. Warna urin kuning pekat merupakan tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan. Sedangkan warna urin yang jernih seperti air putih menandakan tubuh kelebihan air, dan hal ini juga berbahaya.

Kelebihan air dalam tubuh, biasanya tidak terlihat efeknya secara langsung. Terlebih bila kelebihan air ini terjadi hanya sesekali. Namun, apabila kelebihan air ini terjadi terus menerus, maka dapat menyebabkan pembengkakan sel, yang berujung pada kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, kekurangan cairan juga dapat membebani kinerja jantung, sehingga jantung menjadi kelelahan, dan menimbulkan berbagai gejala pada tubuh.

Penuhi cairan tubuh Anda dengan baik, agar ginjal akan tetap selalu sehat. Ingat juga agar tidak mengonsumsi air putih terlalu berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu juga kurang baik. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

https://viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1014124-ibu-hamil-yang-sakit-ginjal-bisa-bikin-janin-keracunan?medium=autonext 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pasien-ginjal-dan-asupan-air/

 


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store