Manfaat Akupuntur Bagi Penderita Psoriasis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

373

Anda pasti tidak asing dengan pengobatan akupuntur. Suatu teknik pengobatan dari Tiongkok yang menggunakan jarum yang ditempatkan pada titik-titik tubuh tertentu ini telah mendunia karena banyak penelitian klinis mengungkapkan tentang manfaat akupuntur bagi beberapa penyakit.

Ternyata, akunpuntur juga menjadi salah satu modalitas terapi pada pengobatan psoriasis. Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang membuat kulit kering, pecah-pecah, dan timbul bercak merah disertai dengan adanya sisik. Bagian kulit yang mengalami psoriasis terasa gatal, nyeri, dan panas seperti terbakar, bahkan hingga berdarah. Kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, kuku, dan lipatan bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis. Psoriasis juga bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Psoriasis ini adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara sempurna dan disebabkan oleh karena faktor genetik dan faktor lingkungan seperti stres, kelelahan, hingga cuaca. Oleh sebab itu, seringkali pasien penderita psoriasis mengalami kekambuhan akibat stres dan depresi dari gejala penyakit itu sendiri.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan memiliki kesimpulan yang sama, yakni akupunktur memiliki manfaat untuk mengurangi gejala psoriasis. Akupunktur juga dipercaya dapat membantu mengobati psoriasis melalui berbagai cara. Pengobatan ini dianggap sebagai pereda stres yang menjadi pemicu terjadinya psoriasis secara efektif. Selain itu, terapi ini dipercaya membantu meringankan rasa sakit terutama pada psoriasis arthritis.

Penelitian yang dilakukan di tahun 1992 menemukan bahwa 31 orang dari 60 orang penderita psoriasis mengalami pengurangan bercak-bercak psoriasis setelah melakukan sembilan kali akupuntur. Hasil yang serupa ditunjukkan oleh studi yang dilakukan kembali di tahun 2004 yang melibatkan 80 peserta. Dinyatakan bahwa efektivitas akupuntur untuk mengurangi gejala psoriasis sebesar 91.3 persen setelah dilakukan lima sesi akupunktur. Penelitian lainnya yang lebih menguatkan juga telah dilakukan di tahun 2016 yang memiliki simpulan bahwa penderita psoriasis yang melakukan terapi akupuntur mengalami perbaikan yang cukup signifikan.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan terapi akupuntur untuk psoriasis, ada baiknya untuk mengonsultasikan dahulu ke dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko dan efek samping yang mungkin saja terjadi. Dokter jauh lebih mengetahui kondisi Anda dibandingkan dengan Anda sendiri. Jangan lupa untuk memilih ahli akupuntur yang bersertifikat agar prosedur terjamin keamanannya. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://healthline.com/health/acupuncture-for-psoriasis#benefits/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store