Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

109

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Tanaman dengan nama latin Allium sativum ini memang bermanfaat untuk memberi rasa sedap masakan dan aroma yang menggiurkan. Namun siapa sangka bahwa bawang putih ternyata membawa manfaat luar biasa yang mungkin belum pernah Anda duga sebelumnya. Rempah-rempah yang sering dipakai dalam resep ala Asia ini rupa-rupanya dapat pula berfungsi sebagai salah satu bahan obat herbal untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti yang telah dipraktikkan di Tiongkok sejak berabad-abad silam. Manfaat apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

  1. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa masyarakat percaya kalau mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah. Apa yang diyakini oleh masyarakat ini ternyata sudah diteliti oleh Universitas Ankara. Dari data yang diambil, pemberian ekstrak bawang putih selama 4 bulan pada penderita tekanan darah dan stroke menunjukkan tanda positif. Tekanan darah jadi rendah dan jantung semakin sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dan allicin mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Berdasarkan sejumlah riset yang telah dilakukan, bawang putih mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 10-15%. Efek pengurangan kolesterol jahat tersebut efeknya tidak berimbas pada kolesterol baik dalam tubuh, sehingga kesehatan akan tetap terjaga dengan sangat baik.

  1. Meringankan sakit gigi

Sakit gigi pada umumnya disebabkan karena adanya pembusukan gigi yang terjadi ketika pulpa gigi mengalami peradangan dan juga akibat penumpukan nanah karena terjadinya infeksi bakteri yang terjadi didasar gigi. Nah bawang putih ini, mengandung zat antibiotik yang dapat melawan bakteri-bakteri penyebab sakit gigi tersebut,

  1. Meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. selain itu, Enzim alami yang ada pada bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Itulah bebarapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bawang putih. Masih banyak lagi manfaat-manfaat yang dapat Anda dapatkan dari bawang putih ini, karena bawang putih banyak mengandung vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, vitamin B6 dan lain-lain yang bermanfaat bagi tubuh. Bawang putih memang memiliki aroma yang tajam. Namun Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/manfaat-bawang-putih-untuk-tingkatkan-kesehatan/

https://www.liputan6.com/health/read/3601188/17-manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan-terlengkap


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store