Manfaat Bermain Bagi Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

311

Sebagian besar orang tua sering melarang anaknya untuk banyak bermain, hal ini disebabkan karena orang tua sering memikirkan bahwa ketika anak banyak bermain, anak tersebut akan malas belajar dan menyebabkan anak tersebut menjadi bodoh. Orang tua menginginkan anaknya untuk selalu belajar baik itu membaca, menulis dan berhitung. Tindakan orang tua ini memang ada benarnya. Namun, kepintaran anak tidak hanya akan didapatkan melalui membaca, menulis dan berhitung saja, dengan bermain anak juga akan mendapatkan berbagai pelajaran yang akan melatih kemampuan anak tersebut. Dengan bermain anak akan mendapatkan kemampuan berkomunikasi, memahami cara pandang orang lain, menghormati sebuah perbedaan dan bernegosiasi dengan orang.

Pada saat bermain, otomatis anak akan berkomunikasi dengan teman main lainnya. Nah dalam komunikasi tersebut secara tidak langsung akan menambah wawasan dan perbendaharaan kata sang anak. Selain itu, bermain juga memiliki berbagai manfaat bagi perkembangan sang anak. Berikut penjelasannya.

  1. Mengembangkan Otak Kanan

Dengan bermain, fungsi kerja otak kanan dapat dioptimalkan karena ketika sang anak bermain dengan teman sebayanya seringkali akan menimbulkan keceriaan dan bahkan sampai bertengkar. Hal ini sangat berguna untuk menguji kemampuan diri anak dalam menghadapi teman sebaya , serta mengembangkan perasaan realistis anak akan dirinya

  1. Mengembangkan Pola Sosialisasi dan Emosi Anak

Bermain merupakan pembelajaran bagi anak untuk bersikap sosial. Dalam bermain anak diajarkan untuk saling membantu, saling memberi, gotong royong, dan masih banyak sikap-sikap sosial lainnya yang bisa anak ambil dalam bermain. Selain itu, dengan bermain anak dapat menyalurkan emosinya. Saat bermain anak dapat belajar untuk menyalurkan dan menahan emosinya.

  1. Mengembangkan Kepercayaan Diri

Ragam permainan dapat mengasah kemampuan bersosialisasi, kemampuan bernegosiasi, serta memupuk kepercayaan diri anak untuk diakui di lingkungan sosialnya. Anak juga akan belajar menghargai dan mempercayai orang lain, sehingga timbul rasa aman dan nyaman ketika bermain. Rasa percaya diri dan kepercayaan terhadap orang lain dapat menimbulkan efek positif pada diri anak, ia akan lebih mudah belajar memecahkan masalah karena merasa mendapat dukungan sekalipun dalam kondisi tertentu ia berhadapan dengan masalah dalam lingkungan bermainnya.

  1. Belajar memahami nilai memberi dan menerima

Saat bermain, anak akan belajar berbagi dan memberi dengan sesama teman sebayanya. Selain itu, anak juga akan belajar menghargai pemberian orang lain walaupun sang anak tidak menyukainya. (RA)

Daftar Pustaka

  1. https://psyline.id/13-manfaat-bermain-bagi-perkembangan-jiwa-anak/

2. https://bidanku.com/manfaat-permainan-untuk-tumbuh-kembang-anak/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store