Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Mental

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

88

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga telah terbukti banyak memberikan efek yang positif bagi kesehatan fisik seseorang, salah satunya adalah membuat tubuh terasa bugar dan fit. Selain dapat meningkatkan kesehatan fisik, ternyata berolahraga juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Beberapa manfaat berolahraga bagi kesehatan mental, diantaranya:

  1. Mengurangi stres

Ketika Anda selalu disibukkan dengan rutinitas yang begitu padat dan melelahkan, hal itu bisa memicu terjadinya stres. Melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga akan membantu tubuh dalam memproduksi hormon endorfin, yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit maupun sebagai obat penenang yang diakibatkan oleh adanya stres atau ketegangan. Jadi, bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan berpotensi menimbulkan stress sebaiknya rajin berolahraga seperti jogging, aerobic, ataupun jenis olahraga lainnya.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri yang baik merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan Anda, baik dalam pekerjaan maupun dalam pergaulan. Perasaan percaya diri seseorang bisa didapatkan tidak hanya dari bentuk tubuh maupun dengan penampilan yang indah saja. Studi telah menunjukkan bahwa berolahraga mampu menghasilkan fisik yang prima serta citra tubuh yang sehat yang pada akhirnya akan menumbuhkan kemantapan diri Anda.

  1. Mencegah insomnia

Setiap kali selesai melakukan aktivitas yang melelahkan, Anda bisa saja mengalami gangguan tidur dimalam harinya. Namun ketika Anda berolahraga, terjadi peningkatan metabolisme didalam tubuh akibat pembakaran kalori. Pada proses ini, tubuh akan memproduksi zat melatonin yang berfungsi untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Ketika Anda memiliki kualitas tidur yang baik, maka syaraf-syaraf tubuh akan mendapatkan relaksasi secara maksimal dan akhirnya ketika bangun tubuh akan terasa lebih segar dan siap menghadapi aktivitas.

  1. Meningkatkan hubungan sosial

Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga, misalnya dengan melakukan jogging atau mengunjungi tempat gym.  Disana Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini akan mendukung kehidupan sosial Anda dengan masyarakat lainnya.

  1. Meningkatkan semangat

Olahraga akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Setelah berolahraga tubuh menjadi lebih bugar dan dengan demikian akan dapat membakar semangat untuk melakukan aktivitas yang lainnya. Dengan semangat yang dimiliki, maka akan mampu membuat Anda bisa lebih kreatif.

  1. Menumbuhkan perasaan bahagia (meningkatkan mood)

Meskipun saat berolahraga tubuh banyak mengeluarkan keringat, hal ini justru dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan dapat meningkatkan mood dan menumbuhkan perasaan bahagia dalam diri. Dengan memiliki mood yang baik, Anda bisa memiliki tingkat emosi yang lebih stabil dan akan lebih siap menghadapi tekanan mental dari pihak manapun.

  1. Meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Berbagai macam studi telah menunjukkan bahwa rutinitas dalam melakukan aktivitas fisik dapat membantu otak untuk dapat berfungsi lebih baik. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang nantinya dapat membantu organ otak untuk mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi. Rutin berolahraga juga bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tajam dan membuat Anda lebih cerdas. (REG)

Sumber:

  1. Mayo Clinic. Exercise: 7 Benefits of Regular Physical Activity. 2016
  2. Medicine Net. Health Benefits of Physical Activity.2014

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store