Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah Dengue

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

89

De­mam berdarah adalah penyakit berba­haya yang banyak meny­erang manu­sia. Penyakit menu­lar ini dise­babkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk.  Untuk mengatasi masalah ini, Sejak dulu sampai dengan sekarang, jambu biji dipercaya dapat membantu proses penyembuhan. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Buah jambu biji dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan pada pasien demam berdarah, pasalnya buah jambu mengandung vitamin A, C, mineral dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin C pada jambu biji bertanggung jawab untuk memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru.

Pasien demam berdarah sebaiknya makan makanan atau minuman yang mudah dicerna karena salah satu gejala dari demam berdarah adalah infeksi pada saluran pencernaan sehingga seseorang menjadi tidak nafsu makan, mual, muntah, dan diare. Jambu biji dapat diolah menjadi jus jambu yang lembut dan bernutrisi, sehingga dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Kandungan air pada jambu biji juga baik untuk mencegah dehidrasi akibat kebocoran pembuluh darah yang disebabkan oleh virus dengue. Dengan konsumsi cukup cairan, pembuluh darah dapat tetap terisi cukup cairan. Cairan yang cukup dalam pembuluh darah dapat memperlancar transpor oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, sehingga sistem pertahanan tubuh di seluruh bagian tubuh mendapat cukup energi untuk melawan virus dengue.

Selain itu, kandungan mineral seperti magnesium dan zat fosfor dapat meningkatkan jumlah keping darah. Fosfor juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran. Jambu biji juga kaya akan  quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan yang mujarab sehingga bisa mencegah pembentukan enzim yang akan membuat virus dengue semakin kuat dan menyebar dalam tubuh pasien DBD.

Ternyata tak hanya bauhnya saja, daun buah jambu juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit DBD. Dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan FK-UI, Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya, dan BPOM, dilaporkan bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menghambat virus dengue, penyebab DBD. Meski baru bersifat pengujian pre-klinik, daun jambu biji juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu millimeter per kubik tanpa efek samping. Daun buah jambu, Kini telah dikembangkan jus daun jambu sebagai pencegah demam berdarah.

Hasil pengujian ini akan dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk uji klinik lebih lanjut. Bila hasilnya positif, ada kemungkinan ekstrak daun jambu biji ini akan menjadi suplemen dalam mengobati DBD. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

Potential Anti-dengue Medicinal Plants: A Review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3765846/ Diakses pada 23 Februari 2017.

4 Vitamins and Minerals for Low Blood Platelets. http://www.thrombocyte.com/low-blood-platelets/ Diakses pada 23 Februari 2017.

What Makes the Guava So Nutritious? http://healthyeating.sfgate.com/guava-nutritious-2443.html Diakses pada 23 Februari 2017.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store