Manfaat Buah Naga, Bantu Atasi Hipertensi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

108

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi tekanan darah seseorang berada diatas nilai normal. Tekanan yang tinggi tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dari banyaknya obat hipertensi, tak banyak yang tahu bahwa hipertensi dapat diatasi dengan cara sederhana, yaitu dengan mengonsumsi buah naga.

Penderita hipertensi umumnya tidak mengeluhkan gejala apapun. Tekanan darah yang tinggi biasanya diketahui secara tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan untuk kondisi lain. Inilah yang menyebabkan banyak kasus hipertensi tidak terdiagnosis dengan cepat dan tidak mendapatkan terapi yang optimal. Kalaupun menimbulkan gejala, umumnya gejala tersebut tidak khas seperti sakit kepala, gangguan penglihatan, dan rasa tidak enak di dada.

Kondisi hipertensi tidak boleh dianggap remeh sekalipun gejalanya ringan. Pasalnya, bila tidak terkontrol akan menimbulkan berbagai komplikasi, seperti stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal, dan masalah pembuluh darah lainnya.

Pengobatan hipertensi meliputi perubahan pola hidup dan konsumsi obat-obatan hipertensi. Obat hipertensi pun harus atas anjuran dokter, baik dosis maupun aturan minumnya. Sementara itu, selain konsumsi obat penderitanya juga harus aktif menjalankan pola hidup sehat, salah satunya adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur. Di antara sekian banyak jenis buah dan sayuran, salah satu yang disebut-sebut dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah buah naga. Buah naga atau Pitaya merupakan buah asal Meksiko yang kini telah dibudidayakan di Indonesia.

Berikut ini adalah rangkaian manfaat buah naga bagi penderita tekanan darah tinggi:

  • Menjaga kelenturan pembuluh darah. Kandungan vitamin C dalam buah naga yang tinggi dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat dan lentur. Hal ini akan mencegah tekanan darah tinggi. Bagi yang sudah mengalami hipertensi, mengonsumsi buah ini dapat menjaga agar tekanan darah tetap stabil.
  • Mencegah kerusakan pembuluh darah. Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi, seperti fitoalbumin dan flavanoid. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari makanan atau udara yang tercemar polusi yang berpotensi merusak pembuluh darah.
  • Sumber lemak sehat. Buah naga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Konsumsi buah naga dapat mencegah terjadinya sumbatan pembuluh darah akibat timbunan lemak (aterosklerosis) dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.
  • Kaya akan serat. Buah naga mengandung serat yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk pencernaan dan mencegah penderita hipertensi mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Buah naga memang dapat membantu menurunkan tekanan darah, tetapi tidak dapat menggantikan pengobatan hipertensi yang lain. Penderita hipertensi tetap harus melakukan perubahan pola hidup dan konsumsi obat hipertensi secara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal. (REG)

Daftar Pustaka

  1. Spritzler F. What is dragon fruit and does it have health benefits. Healthline. 2016
  2. Taufit H. The benefit of dragon fruit for high blood and for health. Steemit. 2017

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store