Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

119

Kandungan Nutrisi di Dalam Daun Kemangi
Setiap 100 gram daun kemangi mengandung sekitar 20 kalori. Daun kemangi mengandung minyak esensial yang memiliki aroma menenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan anda. Selain itu, daun kemangi juga mengandung serat, protein, air (sebagian besar), vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, dan kalium.

1.  Mencegah Infeksi Bakteri
Berbagai minyak di dalam daun kemangi seperti stragole, linalool, cineole, eugenol, sabinen, myrcene, dan limonene dapat membantu mencegah berbagai infeksi bakteri. Berbagai jenis minyak ini memiliki aroma tajam yang dapat membunuh berbagai jenis kuman di dalam tubuh anda.

2.  Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Magnesium di dalam daun kemangi dapat meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah dan memperlancar aliran darah anda. Daun kemangi juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Vitamin A dan beta karoten di dalam daun kemangi juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas dan mencegah proses oksidasi darah di dalam tubuh. Antioksidan ini juga dapat mencegah pembentukan plak dan penumpukkan lemak pada dinding pembuluh darah arteri.

3.  Mencegah Flu
Daun kemangi dapat membantu mengatasi demam dan flu. Daun kemangi seringkali ditambahkan ke dalam teh untuk membuat the lebih beraroma dan menghangatkan tubuh.

Daun kemangi merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu mengurangi produksi lendir pada saluran pernapasan dan mencegah terjadinya batuk serta infeksi tenggorokan. Selain itu, daun kemangi diduga cukup efektif untuk melawan demam berdarah  dengue dan malaria.

4.  Mencegah Kanker
Berbagai antioksidan di dalam daun kemangi dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Daun kemangi juga mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin yang dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan mencegah proses oksidasi di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker kulit dan kanker payudara.

5.  Meningkatkan Daya Ingat
Daun kemangi mengandung banyak kortikosteron yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu, daun kemangi juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah otak sehingga menurunkan resiko terjadinya kerusakan otak serta menguatkan sistem saraf. Daun kemangi juga dapat mengurangi rasa stress.

6.  Menjaga Kesehatan Kulit
Agen antimikroba pada daun kemangi sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit anda. Daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi bekas gigitan serangga, luka lecet, luka terbuka, jerawat, bisul, eksim, dan leukoderma.

Berbagai antioksidan dan minyak esensial di dalam daun kemangi dapat membantu memperlambat proses penuaan dan pembentukan noda pada kulit serta melindungi kulit dari efek radikal bebas dan menutrisi kulit.

7.  Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari daun kemangi bagi kesehatan anda adalah:
•  Mencegah terjadinya rematik sendi (agen anti inflamasi/anti radang)
•  Mencegah terjadinya degenerasi makula akibat penuaan pada orang lanjut usia dan mencegah efek radiasi sinar UV pada retina (zeaxanthin)
•  Meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah (zat besi)
•  Mencegah timbulnya batu ginjal dan luka terbuka pada mulut serta membantu membuang batu dari saluran kemih
•  Mengatasi bau mulut dan meredakan nyeri gigi serta peradangan gusi
•  Meningkatkan fungsi sel beta pankreas, memicu sekresi insulin, mengatur kadar gula darah, meredakan stress oksidasi sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 (eugenol, metil eugenol, dan kariofilen)

 

Sumber: foodtofitness