Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

166

Kandungan Nutrisi di Dalam Daunt Mint
Setiap 100 mg daun mint mengandung sekitar 70 kalori. Daun mint juga mengandung serat, protein, vitamin C, vitamin B, vitamin D, magnesium, zat besi, natrium, dan kalium.

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Meningkatkan Fungsi Saluran Cerna
Daun mint dapat membantu menguatkan organ-organ pencernaan dan membantu kerja saluran cerna agar lebih efisien. Daun mint dapat memicu produksi air liur dan berbagai enzim pencernaan yang dapat membantu proses pencernaan.
Daun mint banyak digunakan untuk membantu mengatasi nyeri lambung dan gangguan pencernaan. Daun mint juga dapat menenangkan saluran pencernaan dan memberikan rasa dingin yang menyegarkan.
Teh mint herbal sering digunakan untuk mengatasi konstipasi (sembelit) karena mengandung banyak serat yang dapat memperlancar gerakan usus.

Mengurangi Stress
Aroma daun mint dapat membantu mengurangi rasa stress yang anda rasakan. Minyak daun mint juga telah digunakan di dalam berbagai obat-obatan untuk mencegah terjadinya nyeri kepala dan mengatasi depresi.
Selain itu, berbagai parfum dan sabun aromaterapi yang dibuat dari daun mint juga dapat membantu memperbaiki mood anda. Letakkanlah daun mint di bawah bantal anda untuk membantu mengurangi stress dan membuat anda tidur lebih nyenyak.

Mencegah Gangguan Pernapasan
Daun mint juga banyak digunakan untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit sistem pernapasan. Daun mint dapat membantu mengatasi infeksi tenggorokan. Aromanya yang kuat dapat membantu melancarkan saluran pernapasan (melegakan hidung tersumbat dan sumbatan saluran pernapasan lainnya). Aroma daun mint ini juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi serangan asma.

Menjaga Kesehatan Kulit
Daun mint memiliki banyak manfaat bagi kulit anda, yaitu:
•  Mengurangi rasa gatal
•  Mengangkat sel kulit mati
•  Membuat kulit lebih berkilau
•  Mencegah terjadiya kanker kulit (mengandung berbagai antioksidan dan asam rosmarinik yang dapat menangkal berbagai radikal bebas)
•  Membantu mengatasi dan mencegah jerawat

Melawan Kanker
Daun mint dapat menghambat metabolisme sel kanker karena mengandung alkohol perilil. Daun mint dapat mencegah terjadinya kanker prostat dengan cara menstabilkan kembali struktur DNA. Selain itu, karoten dan retinoid yang terdapat di dalam daun mint juga dapat membantu melawan kanker hati.

Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari daun mint adalah:
•  Membantu membersihkan darah dan membuang racun keluar dari dalam tubuh (agen diuretika yang dapat membantu mengeluarkan cairan dari dalam tubuh)
•  Mencegah terjadinya bau mulut
•  Membantu melawan bakteri dan kuman berbahaya lainnya di dalam mulut
•  Melindungi gigi dan gusi

Sumber: foodtofitness